Hasil SNMPTN Diumumkan Hari Ini, Kampus Mana Paling Favorit? - Kompas.com

Hasil SNMPTN Diumumkan Hari Ini, Kampus Mana Paling Favorit?

Aningtias Jatmika
Kompas.com - 26/04/2017, 09:08 WIB
KOMPAS/Iwan Setiyawan Ilustrasi: Universitas Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 akan digelar hari ini, Rabu (26/4/2017). SNMPTN merupakan jalur pertama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

Baca: Hari Ini... Pengumuman SNMPTN Bisa Dilihat di Kompas.com!

Seperti diketahui, ada tiga jalur pendaftaraan masuk PTN. Pertama, jalur SNMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. Pendaftaran SNMPTN telah berlangsung pada 15 Maret hingga 15 April 2017 dan diumumkan hari ini.

Kedua, SBMPTN, yaitu seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dengan metode cetak (paper based testing) atau komputer (computer based testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Ketiga, seleksi mandiri yang dilaksanakan hanya satu kali oleh masing-masing PTN setelah pengumuman SBMPTN. Seleksi mandiri, salah satunya dengan menggunakan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat.

Lewat ketiga seleksi tersebut, calon mahasiswa akan memperebutkan PTN-PTN favorit di Indonesia. Pada SNMPTN 2016 lalu, Universitas Padjajaran ( Unpad) menempati posisi nomor satu sebagai PTN dengan pendaftar terbanyak.

Berdasarkan data Kompas.com (9/5/2016), Ketua Umum SNMPTN 2016, Rochmat Wahab, menuturkan pendaftar yang memilih Unpad mencapai 58.937 orang. Angka ini, kata dia, jauh melampaui jumlah pendaftar ke kampus negeri lain.

Adapun posisi peminat terbanyak selanjutnya ditempati oleh Universitas Brawijaya dengan 47.452 pendaftar, Universitas Diponegoro dengan 43.634 peserta, Universitas Gadjah Mada dengan 43.326 peserta, dan Universitas Sumatera Utara dengan 39.143 peserta.

Adapun peringkat selanjutnya ditempati Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Secara keseluruhan, jumlah pendaftar SNMPTN tahun lalu mencapai angka 645.202 orang. Sementara pada 2017 ini peserta SNMPTN menurun di angka 517.418 orang.

Nh, perguruan tinggi manakah yang menjadi kampus favorit pada SNMPTN 2017?
Nantikan pengumumannya hari ini, 26 April 2017 di Liputan Khusus SNMPTN 2017 di Kompas.com.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAningtias Jatmika
EditorLatief
Komentar
Terkini Lainnya
Close Ads X