Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorot Problematika Dunia, Telkom Gelar Kompetisi

Kompas.com - 20/05/2017, 14:25 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – 
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menggelar kompetisi Socio Digi Leaders (SDL). Program tersebut adalah kompetisi tahunan untuk generasi muda yang difokuskan pada pemecahan problematika dunia.

Dalam kompetisi tersebut, peserta dituntut untuk memiliki kepekaan sosial dengan mengimplementasikan ide dan gagasannya.

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu, kali ini kompetisi tak membatasi solusi berbasis aplikasi digital. Selain itu, peserta pun tak lagi dibatasi hanya dari dalam negeri saja.

“Kompetisi SDL 2017 (sudah) meluas ke bidang hukum, ekonomi, sosial, budaya, lingkungan, pariwisata, dan banyak lagi.  Pemecahan masalah yang aplikatif dari seluruh problematika masyarakat dunia akan kami fasilitasi,” kata Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (19/5/2017).

Peluncuran pengumuman SDL 2017 telah dilakukan di Kampus Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Senin (15/5/2017). Dalam kesempatan itu, Herdy mengemukakan bahwa kompetisi itu digelar karena Telkom menyadari kunci bisnis yang berkelanjutan adalah dengan terus mengembangkan inovasi.

“Bukan inovasi yang (ala kadarnya untuk) bisa mendorong bisnis lebih besar, melainkan juga (inovasi) yang aplikatif dan bisa memecahkan masalah untuk masyarakat dunia,” lanjutnya.

Dalam penjelasannya, Herdy memberikan penjelasan persyaratan. Cakupan kompetisi SDL 2017, katanya akan lebih besar.

Peserta bukan hanya mahasiswa aktif atau fresh graduate yang berasal dari Indonesi saja, melainkan juga mahasiswa luar negeri dari seluruh dunia. Syaratnya, mereka berada dalam batas usia maksimal 27 tahun.

“Australia dan Singapura menjadi dua target negara utama aktivasi SDL tahun ini selain Indonesia,” kata dia.

Dengan cakupan itu, tambahnya, target proposal peserta tahun ini menjadi meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. “(Keseluruhannya) menjadi 500 proposal,” imbuh Herdy.

Untuk mencapai target tersebut, Telkom juga mengadakan roadshow ke kampus-kampus di Singapura dan Australia mulai Mei 2017.

“Kami roadshow ke Nanyang Technological University (NTU), National University of Singapore (NUS), University of New South Wales (UNSW), University of Sydney, dan University of Melbourne,” ujarnya.

Upaya itu dilakukan untuk mengajak mahasiswa asing berpartisipasi dan sekaligus juga mahasiswa Indonesia yang ada di kampus-kampus tersebut.

Insentif dan aturan main

Terakhir, Herdy juga menjelaskan mengenai insentif yang diberikan pada tim terbaik. “Hal yang utama dan mungkin paling menarik adalah kesempatan direkrut menjadi karyawan Telkom,” ujar Herdy.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com