Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 38 Pelajar Difabel Lolos SBMPTN

Kompas.com - 12/06/2017, 23:40 WIB
Auzi Amazia Domasti,
M Latief

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Total peserta yang lolos ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sudah diumumkan Senin (12/6/2017.

Seperti dilansir dari Antara, Ketua Panitia SBMPTN 2017, Prof Ravik Karsidi mengatakan sebanyak 38 peserta difabel turut lolos seleksi tersebut.

"Menariknya, tahun ini terdapat 38 peserta penyandang disabilitas yang diterima pada SBMPTN 2017 dari 226 peserta terdaftar," ujar Ravik dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Penyandang disabilitas yang lolos SBMPTN itu meliputi tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan tuna daksa.

Saat mengikuti tes SBMPTN Mei lalu, peserta difabel disediakan ruang khusus oleh panitia. Salah satu tempat yang disediakan ada di panitia lokal 34 Bandung di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Kota Bandung.

Sekretaris Eksekutif I Panlok 34 Bandung, Asep Gana Suganda, menuturkan bahwa keseluruhan peserta penyandang disabilitas di Panlok 34 Bandung berjumlah 18 orang. Dua peserta lainnya mengikuti tes di Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Ravik merinci, para peserta penyandang disabilitas itu terdiri dari tunarungu/tunawicara berjumlah enam orang, tuna netra berjumlah tujuh orang, tuna daksa lima orang.

"Bagi penyandang disabilitas yang mengerjakan di ITB disiapkan ruang khusus. Kita beri ruang bersekat-sekat," ujar Asep di Kampus ITB Kota Bandung, Selasa (16/05/2017). 

Tahun ini Panitia SBMPTN mengumumkan sebanyak 148.066 peserta lulus SBMPTN 2017. Dari jumlah itu, diketahui yang diterima hanya 14,36 persen dari 797.738 peserta SBMPTN.

Lalu, terdapat peningkatan jumlah peserta SBMPTN dan jumlah peserta yang diterima di PTN. Total pendaftar SBMPTN 2017 adalah 797.738, lebih tinggi dari tahun 2016 sebanyak 721.326 pendaftar.

Sepuluh besar program studi yang paling banyak diminati peserta SBMPTN yakni manajemen, akuntansi, ilmu hukum, pendidikan dokter, teknik sipil, ilmu komunikasi, teknik industri, psikologi, farmasi, dan agribisnis.

Masing-masing peserta dapat melihat pengumuman hasil SBMPTN 2017 secara online melalui laman http:/pengumuman.sbmptn.ac.id.

Selain itu, pengumuman juga dapat dilihat di Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com