Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Bahasa Baru Itu Mudah, asal....

Kompas.com - 30/06/2017, 10:31 WIB
Haris Prahara

Penulis

KOMPAS.com - Liburan segera berakhir dan inilah saatnya Anda untuk kembali produktif. Banyak cara untuk menyempurnakan diri, salah satunya dengan mempelajari bahasa baru.

Terlebih lagi, dalam masa persaingan global kian kompetitif. Setiap individu dituntut tak hanya mampu menguasai satu bahasa saja, tetapi lebih dari itu. 

Belajar bahasa baru juga dapat memberi Anda lebih banyak kesempatan kerja yang menakjubkan. Namun, perjalanan belajar bahasa baru sejatinya tak selalu mudah.

Dalam berbagai kasus, banyak juga yang menyerah karena mereka tidak melihat banyak kemajuan. Nah, agar Anda tetap semangat dalam mempelajari bahasa baru, berikut sejumlah kiat-kiatnya seperti dirangkum dari laman Language Learning Portal:

1. Sekali berkomitmen, peganglah selalu

Setelah Anda memutuskan untuk mempelajari bahasa baru, Anda selayaknya berkomitmen penuh untuk melakukannya. Karena itu, apa pun bahasa yang ingin dipelajari, Anda harus tekun berlatih. Lebih baik lagi, jika dilakukan setiap hari.

Banyak sarana yang dapat dilakukan untuk memudahkan Anda belajar bahasa baru, seperti menulis teks, berbicara kepada diri sendiri, menonton film atau apa pun yang Anda sukai. Prioritaskan paling tidak satu jam sehari untuk latihan bahasa.

Dengan begitu, kemampuan bahasa Anda dapat meningkat hari demi hari. 

2.  Tak perlu takut membuat kesalahan

Salah satu hambatan terbesar saat mempelajari bahasa baru adalah rasa takut melakukan kesalahan. Sesungguhnya, Anda tak perlu takut akan melakukan kesalahan tersebut. Ingatlah, tak ada orang yang sempurna.

Jika tak mau mencoba, keterampilan Anda justru tak akan membaik. Cobalah bayangkan diri Anda seperti seorang anak kecil.

Dengan menempatkan posisi Anda sebagaimana seorang anak kecil, Anda akan lebih cuek saat melakukan kesalahan. Dengan begitu, Anda tak akan merasa terbebani saat belajar bahasa baru. Yang Anda pikirkan adalah bagaimana menempa diri lebih baik dari hari ke hari.

3. Fokuskan dahulu pada kosakata inti

Langkah terpenting adalah Anda harus terlebih dahulu menguasai kosakata inti.

Tahukah Anda bahwa hanya sekitar 300 kata bahasa Inggris yang sebetulnya dipakai sehari-hari oleh penutur asli? Hal itu menunjukkan bahwa sebetulnya Anda tak perlu menguasai seluruh kata dalam bahasa baru.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com