Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unas Kirim Delegasi ke Korea Selatan

Kompas.com - 11/07/2017, 20:12 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Universitas Nasional mengrimkan perwakilan mahasiswanya pada Daegu International Youth Camp (DIYC) 2017. Acara yang berlangsung pada 2-7 Juli 2017 ini diikuti oleh 91 peserta dari 15 negara, antara lain Rusia, Jepang, China, Italia, Afrika Tengah, Uzbekistan dan Indonesia.

Delegasi Unas mengikuti kegiatan itu atas undangan pihak Catholic University of Daegu sebagai penyelenggara DIYC 2017. Ini merupakan tahun ketiga DIYC diselenggarakan oleh Catholic University of Daegu dan DIYC sendiri telah memasuki tahun keenam.

"Kami kirim tiga mahasiswa dari jurusan Bahasa Korea dan biologi. Selain untuk meningkatkan pengetahuan, kegiatan ini juga penting untuk mereka membuka cakrawala baru dan mengasah kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan kemandirian, selain juga networking," ujar Ketua Delegasi Unas, Dian Metha Ariyanti, Selasa (11/7/2017).

Metha mengatakan, selain membuka kerjasama di Korea Selatan, DIYC dinilai sebagai ajang yang bagus untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Ini dilakukan dengan interaksi antara mahasiswa Indonesia dan mahasiswa asing selama lima hari kegiatan.

Para mahasiswa Indonesia juga menyuguhkan tarian tradisional asal Kalimantan. Mereka tampil memakai baju tradisional Kalimantan dan memukau puluhan peserta summer camp.

"Kami bangga bisa menampilkan kesenian tradisional Indonesia di hadapan berbagai bangsa. Ini jadi tambah pengalaman dan banyak teman dari seluruh dunia," ujar Nabela, salah satu mahasiswa Unas peserta Daegu International Youth Camp 2017.

Kerjasama

Selain mahasiswa, Unas juga mengirimkan dosen-dosennya, antara lain Agung Iswadi dari Fakultas Teknik dan Sains untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan Fakultas Teknik di Catholic University of Daegu dan Hankuk University of Foreign Studies Korea Selatan. Sebelumnya, Unas sudah menandatangani nota kesepahaman dengan kedua universitas tersebut.

"Kerjasama yang ingin kami jajaki itu adalah melihat berbagai kemungkinan untuk menjalankan mobility program bagi para mahasiswa teknik kami agar bisa mengembangkan wawasan, khususnya di Korea Selatan," ujar Agung.

Dia berharap kerjasama yang dilaksanakan antara lain program pertukaran mahasiswa dan dosen dari kedua fakultas. Para mahasiswa fakultas teknik juga diharapkan dapat meneruskan pendidikan jenjang S-2 di Catholic University of Daegu dan Hankuk University of Foreign Studies.

"Kita bisa mulai dengan program 3+1, artinya mahasiswa teknik kuliah 3 tahun di Unas dan melajutkan satu tahun di Korea," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com