Paduan Suara Voca Erudita Sabet Tiga Penghargaan Internasional - Kompas.com

Paduan Suara Voca Erudita Sabet Tiga Penghargaan Internasional

Hilda B Alexander
Kompas.com - 27/07/2017, 23:47 WIB
Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Sebelas Maret Surakarta Voca Erudita saat beraksi menyanyikan lagu-lagu pada kategori Habaneras dan Plyphonia, di Spanyol.PSM Voca Erudita Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Sebelas Maret Surakarta Voca Erudita saat beraksi menyanyikan lagu-lagu pada kategori Habaneras dan Plyphonia, di Spanyol.

TORREVIEJA, KOMPAS.com -  Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Sebelas Maret Surakarta, Voca Erudita, sukses menorehkan prestasi di kancah internasional.

Mereka menyabet Juara III pada 2 kategori bergengsi dalam kompetisi Paduan Suara Internasional The 63rd International Choral Contest Habaneras and Polyphonydi Torrevieja, Spanyol, yang berlangsung pada 17-23 Juli 2017.

Kedua kategori tersebut masing-masing "Habaneras" dan "Polyphony". Selain itu, Voca Erudita juga dianugerahi penghargaan Fransisco Vallejos Award untuk interpretasi terbaik lagu "Tu".

Ketua Umum PSM Voca Erudita, Wahyu Yulianto, mengatakan, kategori Habaranes merupakan gaya musik yang berasal dari Kuba serta digunakan untuk dansa yang kemudian berkembang pesat di Spanyol.

"Sedangkan Polyphony sendiri merupakan komposisi musik dengan banyak suara," ujar Wahyu dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/7/2017). 

Voca Erudita terdiri dari 34 penyanyi, dan 1 konduktor. Mereka membawakan lagu-lagu pada kategori Habaneras dengan judul "Son Tus Ojos" dalam bahasa Spanyol sebagai lagu wajib, "Tu" dan "Rosita De Un Verde Palmar".

Sementara pada kategori Polyphony, Voca Erudita menyanyikan lagu "O Nata Lux" dan "Tari Indang".

Penampilan memukau mereka diperkuat dengan adanya koreografi arahan koreografer Paulus Krisna Wisnumurti.

The 63rd International Choral Contest Habaneras and Polyphony merupakan kompetisi tertua kedua di dunia dan diikuti oleh kelompok paduan suara terpilih melalui audisi.

Dalam kompetisi ini Voca Erudita terpilih menjadi salah satu dari dua perwakilan Indonesia yang berkesempatan menunjukkan kemampuannya di mata dunia melawan 12 peserta dari 9 negara lainnya yakni Argentina, Letonia, Ukrania, Serbia, Polonia, Rusia 2 dari Spanyol, 2 dari Filliphina dan Indonesia. 

Selain mengikuti kompetisi, PSM Voca Erudita juga berpartisipasi dalam konser misi budaya di Villaricos, Almeria, Spanyol dengan membawakan lagu-lagu dari berbagai daerah di Indonesia.

Lagu daerah tersebut adalah "Sik Sik Sibatumanikam", "Kicir-Kicir", "Montor-montor Cilik", "Tari Indang", "Hela Rotan", "Janger", "Ahtoi Poros", "Luk Luk Lumbu", dan "Yamko Rambe Yamko".

"Misi budaya yang kami lakukan semata-mata untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia di kancah Internasional," kata Wahyu.

PenulisHilda B Alexander
EditorBayu Galih
Komentar