Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, "7 Presiden RI" Berbincang di Pameran Lukisan

Kompas.com - 17/08/2017, 11:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka bersama Rajata Kreatif Nusantara menggelar pameran lukisan "72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI" di Epiwalk Epicentrum Jakarta. Puncak pameran digelar hari ini, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2017.

"Kami sedang melaksanakan pembangunan museum dan menampilkan lukisan tokoh-tokoh untuk mengisinya. Tujuannya agar kita semua mau merawat dan meneladani perjuangan tokoh-tokoh perjuangan kita agar sejarah bangsa ini tidak terputus antar-generasi," ujar Ketua Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad, Kamis (7/8/2017).

Seluruh lukisan yang dipamerkan tersebut merupakan karya Sohieb Toyaroja. Setiap lukisan dilengkapi kisah istimewa para tokohnya. Kisah-kisah itu ditulis oleh Roso Daras yang dikemas menjadi buku setebal 953 halaman berjudul "Perjuangan Menjadi Indonesia Bukan Darah Sia-sia". 

Salah satu lukisan yang menyita perhatian pengunjung adalah lukisan berjudul “Obrolan 7 Presiden”. Berukuran 260 cm X 460 cm, lukisan tersebut memperlihatkan Presiden RI pertama hingga ketujuh terlibat obrolan dalam suasana santai.

"Ini lukisan masterpiece pameran ini," ujar Rektor Uhamka Prof H. Suyatno.

Merwan Yusuf, pengamat senirupa dan kurator alumnus Ecole Nationale Superieur des Beaux Arts Paris, menambahkan pameran “72 Tokoh Indonesia & 7 Presiden RI" ini akan menjadi salah satu kebanggaan sejarah senirupa di Indonesia.

"Hanya ada dua pelukis yang seperti ini, yaitu Affandi dan Sohieb. Tapi, baru kali ini saya menyaksikannya gagasan dan penyajian pameran lukisan yang seperti ini," ujar Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com