Membangun Karakter Kebangsaan dari Alam - Kompas.com

Membangun Karakter Kebangsaan dari Alam

Josephus Primus
Kompas.com - 21/08/2017, 18:47 WIB
Waduk Jatiluhur Purwakarta.Dokumentasi Humas Pemkab Purwakarta Waduk Jatiluhur Purwakarta.

KOMPAS.com - Membangun karakter kebangsaan bagi generasi muda bisa dimulai dari pendekatan kepada alam. Hal ini dilakukan oleh Outward Bound Indonesia (OBI) sebagaimana termaktub dalam rilis yang diterima Kompas.com pada Senin (21/8/2017). "Kami memprakarsai Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika bagi Tunas Bangsa," tutur Direktur Eksekutif OBI Wendy Kusumowidagdo.

Ekspedisi tersebut berbasis pendidikan karakter dengan metode ekspedisi alam. Para peserta untuk kegiatan perdana ini berjumlah 14 siswa dan siswi dari tujuh SMA maupun SMK se-Indonesia. Acara dilaksanakan pada 16-20 Agustus 2017  di area Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat dan OBI Eco Campus, Jatiluhur. "Acara ini juga dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia," tutur Wendy.

Lebih lanjut menurut Wendy, selama lima hari kegiatan, para peserta menjalani aktivitas berinteraksi dan menginap bersama komunitas lokal, mendaki Gunung Parang untuk pelaksanaan peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2017, berkemah, serta melakukan ekspedisi air.

Kegiatan ekspedisi air, tambah Wendy, dilaksanakan dengan berkano dan membuat konstruksi transportasi air bersama.“Momen terpenting adalah bahwa peserta melakukan upacara bendera bersama pada tanggal 17 Agustus 2017 di puncak Gunung Parang di ketinggian 983 mdpl," demikian Wendy Kusumowidagdo.

PenulisJosephus Primus
EditorJosephus Primus
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM