Kapan Lagi, Di Pameran Buku Ada Demo Masak dan Kerajinan Tangan? - Kompas.com

Kapan Lagi, Di Pameran Buku Ada Demo Masak dan Kerajinan Tangan?

Erwin Hutapea
Kompas.com - 25/08/2017, 13:34 WIB
Anak-anak sedang berfoto di stan anak pada acara Beijing International Book Fair 2017 pada 23-27 Agustus 2017 di Beijing, China.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Anak-anak sedang berfoto di stan anak pada acara Beijing International Book Fair 2017 pada 23-27 Agustus 2017 di Beijing, China.


BEIJING, KOMPAS.com
- Kalau biasanya pameran buku hanya berisi rak-rak atau etalase berisi tumpukan buku dengan judul beragam, pemandangan lain bisa ditemui di Beijing International Book Fair 2017.

Selain buku, pengunjung disuguhkan dengan rupa-rupa aktivitas lain, seperti di area 
Made in Creative—tempat pertunjukan barang-barang dari industri kreatif—ada benda seni dan budaya, serta kerajinan tangan berbentuk rajutan, gerabah, dan budidaya bunga. 

Di area lainnya, ada juga demonstrasi memasak oleh koki yang berpengalaman internasional, kursus membuat kue,  serta aktivitas mencoba minuman anggur yang dipandu oleh orang profesional.

Bahkan, anak-anak dan remaja juga disediakan area khusus. Mereka yang minat dengan sains bisa puas dengan fasilitas laboratorium interaktif, serta pengetahuan tentang dinosaurus dan binatang laut.

Berhubungan dengan kesehatan, ada juga pelatihan dari tim National Football League (NFL) Amerika Serikat yang akan berbagi pengalaman mereka secara interaktif.

BIBF 2017 diadakan di China International Exhibition Centre, Beijing, pada 23 sampai 27 Agustus 2017. Acara ini diselenggarakan oleh China National Publications Import and Export (Group) Corporation, suatu perusahaan ekspor impor penerbitan buku.

Sebagian contoh karya ilustrasi dalam sejumlah buku yang dipamerkan dalam acara Beijing International Book Fair 2017 pada 23-27 Agustus 2017 di Beijing, China.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Sebagian contoh karya ilustrasi dalam sejumlah buku yang dipamerkan dalam acara Beijing International Book Fair 2017 pada 23-27 Agustus 2017 di Beijing, China.

Sebagai informasi, pameran buku tersebut menempati gedung seluas 92.700 meter persegi dan dibagi menjadi tujuh area, yaitu area untuk International Publishers and Publishers from Hong Kong and Taiwan, Rights Centre; Children and Education; serta Beijing International Book Festival.

Adapun Indonesia melalui Komite Buku Nasional yang juga berpartisipasi dalam ajang ini menempati area E1-C20. Sejumlah buku yang dipamerkan yaitu buku anak dan remaja, fiksi dan nonfiksi, biografi, dan novel.

(Baca: Cegah Pembajakan Buku, Indonesia Ikut Pameran Buku Internasional)

Kemudian, di area lain ada area bagi Chinese Publishers; Country of Honour, Featured Exhibition; Reading to Living, “Made in Creative”; serta Printing, Library Distribution.

Ada 2.400 peserta yang berpartisipasi dari 89 negara dan wilayah. Jadi pengunjung bukan cuma melihat sederetan buku yang dipamerkan di sini, melainkan banyak hal yang bervariasi dan bermanfaat untuk bisa disaksikan oleh segala umur.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisErwin Hutapea
EditorSri Noviyanti
Komentar


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM