Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Empat Acara Pokok untuk Alumni FTUI

Kompas.com - 26/10/2017, 18:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Ada empat acara pokok yang bakal digelar pada kegiatan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk Negeri yakni pameran hasil karya FTUI, talkshow FTUI untuk negeri, FTUI Award, dan reuni sepanjang tiga hari sejak Jumat (27/10/2017) sampai dengan Minggu (29/10/2017). Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Teten Derichar menginfromasikan hal ini dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com hari ini. "Kegiatan ini untuk meningkatkan minat generasi muda terhadap teknologi dan profesi perekayasa," katanya sembari menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan.

Panitia FTUI, kata Teten, menampilkan lebih dari 50 karya berbagai penelitian dari tujuh departemen FTUI. Selain itu, ada juga penganugerahan Lifetime Engineering Dedication Award untuk mantan Presiden Ke-3 RI Prof Dr-Ing BJ Habibie. "Pak telah mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia," tutur Teten.

Masih dalam rangkaian acara, ada juga kegiatan membahas mobil listrik. Tema yang diusung adalah "Mobil Listrik Solusi Energi dan Lingkungan". Di samping itu, ada juga mata acara lomba mewarnai gambar teknik, klinik arsitektur, serta peluncuran buku.
 
FTUI memiliki 12 program studi S1, 7 program studi S2, dan 7 program studi S3 di dalam 7 departemen yaitu  teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, teknik metalurgi dan material, arsitektur, teknik kimia, dan teknik industri.

Setiap tahun, FTUI mendidik lebih kurang 5600 mahasiswa. FTUI didukung para pengajar tetap, di antaranya 126 doktor dan 55 profesor berkualifikasi internasional. Sejak resmi berdiri pada 17 Juli 1964, FTUI telah meluluskan lebih dari 25.000 sarjana S1, S2, dan S3 yang saat ini mengabdikan profesinya di dalam maupun di luar negeri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com