Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2017, 07:16 WIB
Kurniasih Budi

Penulis


KOMPAS.com - Pendidikan karakter dan keteladanan guru menjadi tema utama dalam peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2017. Dua frasa tersebut selaras dengan salah satu kebijakan prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yaitu Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang menempatkan guru sebagai aktor utama dalam implementasi PPK.

Tema HGN 2017 adalah “Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru”. Adapun HGN diperingati 25 November setiap tahunnya.

Melalui tema tersebut, Kemendikbud mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan suasana sekolah seperti pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara.

Baca: Guru Berperan Vital dalam Pendidikan Karakter Siswa

“Guru itu menjadi suri tauladan ke peserta didiknya. Kemudian filosofi pendidikan kita itu kan dari Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara yang mengedepankan empat pilar pendidikan karakter, yaitu olah pikir, olah rasa, olah hati, dan olah raga. Guru juga menjadi sosok yang memperlihatkan sisi kepemimpinan dalam memberikan batas-batas kepada siswanya, ini boleh, ini tidak boleh. Itulah keteladanan guru,” ujar Kepala Subdirektorat Perencanaan Kebutuhan, Peningkatan Kualifikasi dan Kompetensi, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Elvira dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (23/11/2017).

Guru juga diharapkan menjadi sosok yang mampu membangkitkan sifat-sifat baik lainnya, seperti memiliki etos kerja, sportif, dan disiplin. Hal ini menjadi bagian dari penanaman karakter.

“Sebenarnya pendidikan karakter dari dulu sudah ada, tapi sekarang konsep itu harus menjadi pembiasaan baik dari kelas, budaya sekolah, dan lingkungan rumah, yaitu dari orangtua. Jadi bagaimana rasa dari Ki Hajar Dewantara itu harus semakin lagi diaplikasikan oleh para guru kita,” tambah Elvira.

Ekspresi anak-anak SD Islam Dian Didaktika saat sekolahnya dinyatakan lolos di babak final Lomba Paduan Suara Dendang Kencana 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Pal Merah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017).KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Ekspresi anak-anak SD Islam Dian Didaktika saat sekolahnya dinyatakan lolos di babak final Lomba Paduan Suara Dendang Kencana 2017 di Bentara Budaya Jakarta, Pal Merah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2017).

Peringatan HGN 2017 diisi dengan rangkaian kegiatan, seperti lomba inovasi pembelajaran, lomba pengelolaan satuan pendidikan, penulisan naskah buku, simposium, dan lokakarya.

Berbagai lomba yang diadakan untuk guru dan tenaga kependidikan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah memberikan program stimulan kepada mereka untuk terus terpacu meningkatkan diri sebagai pendidik.

“Dalam lomba inovasi pembelajaran, karya guru-guru kita itu betul-betul sesuatu yang tidak kita prediksikan. Guru-guru itu sudah sangat inovatif, terutama dari guru-guru di daerah, terobosannya banyak,” ujarnya.

Baca: Guru Garis Depan Merajut Indonesia dari Pinggiran


Melalui peringatan HGN, Elvira berharap guru-guru Indonesia mampu menjadi pendidik yang berkarakter dan contoh baik bagi siswa. Dengan contoh yang baik itu, guru dapat menghasilkan siswa yang pintar, memiliki etika, sopan santun, dan siap menghadapi tantangan abad 21.  

“Dan Saya tahu, guru-guru kita adalah guru-guru yang keren, yang mulia karena karya dan semuanya itu akan terus menjadi spirit untuk guru-guru kita menjalankan tugasnya sehari-hari. Selamat Hari Guru, karena di tangan para guru-lah disiapkan pemimpin-pemimpin masa depan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com