Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traveling Dorong Semangat Anak dengan Kanker

Kompas.com - 12/02/2018, 15:36 WIB
M Latief

Editor

KOMPAS.com - Traveling atau berwisata bisa menjadi salah satu cara positif untuk membangkitkan semangat anak-anak dengan kanker. Semangat itu muncul karena ada interaksi langsung antara anak dan lingkungan yang dikunjunginya. 

Anak-anak dengan kanker itu terlihat lebih ceria dan bersemangat, seperti yang diperlihatkan oleh belasan anak kecil yang pada Rabu (7/2/2018) pagi silam mengikuti "Cheerful Trip" di Kota Mini, Pasar Apung di Lembang, Bandung Jawa Barat.

Anak-anak itu tampak asyik menikmati aneka wahana permainan, selain juga indahnya pemandangan Lembang. Mereka tertawa, berlari, dan menggelayut manja kepada orang tuanya. Tidak terlihat sedikit pun duka pada wajah polos mereka.

Mereka adalah anak-anak dengan kanker dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Bandung. Hari itu, dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Februari, mereka diajak piknik oleh Divisi Digital Service (DDS) Telkom Indonesia dan startup Open Trip ke tempat wisata.

"Agar sejenak mereka bisa melupakan beban yang mereka tanggung dan menjadikan anak-anak penderita kanker itu sebagai merupakan pahlawan di keluarga mereka," ujar David Cuh Sitohang, CEO Open Trip.

David menambahkan, perjalanan tersebut memang dimaksudkan untuk membuka peluang interaksi sosial anak-anak terhadap lingkungannya. Dia berharap orang-orang yang berusia dewasa dengan kanker pun bisa ikut serta dalam kegiatan semacam ini.

"Terutsms untuk memberikan mereka semangat dan motivasi, serta memperlihatkan kepedulian dan menciptakan aura positif di lingkungan mereka sendiri," tambahnya.

Untuk tujuan itu, DDS dan Opentrip bekerjasama dengan merangkul YKAKI sebagai organisasi yang aktif di bidangnya dan Expedition Nusantara untuk menjadi mitra perjalanan. Kegiatan Cheerful Trip sendiri difokuskan pada bermacam kegiatan yang menguatkan interaksi antara peserta yang sekaligus menjadi kakak asuh dari anak-anak dengan kanker melalui berbagai aktivitas seperti berburu harta karun dan mewarnai bersama.

"Kami ingin menciptakan gaya traveling yang selalu mempunyai makna sosial di dalamnya dan bisa menjadi pemicu bangkitnya kesadaran traveler untuk berkontribusi pada lingkungan sekitar saat traveling," tambah David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com