Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNBK Hari Kedua Berjalan Lancar Tanpa 'Kegaduhan'

Kompas.com - 24/04/2018, 19:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pada hari pertama (23/4/2018) pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta maaf atas masalah jaringan pusat yang membuat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sempat tertunda di beberapa tempat.

Dihubungi Kompas.com, kepala sekolah SMPN 1 Temanggung Tri Wanggono menyampaikan bahwa pada hari kedua  (24/4/2018) pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Matematika dapat dilaksanakan tepat waktu.

"Sejak pagi dan hingga saat ini tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar," ungkap Tri.

SMPN 1 Temanggung tahun ini merupakan kali pertama menyelenggarakann UNBK. Pada hari pertama pelaksanaan sempat mengalami kendala penundaan 30 menit karena masalah teknis jaringan server pusat.

Proses lancar dan tepat waktu juga dialami SMPN 1 Surabaya yang pada hari pertama pelaksanaan mengalami penundaan hampir 1 jam karena masalah listrik padam dan koneksi server pusat.

"UNBK hari ini berjalan tanpa kendala, lancar, semua siswa hadir untuk mengikuti UN," cerita Titik Sudarti kepala sekolah SMPN 1 Surabaya.

SMPN 1 sudah tiga kali melaksanakan UNBK dan meraih perolehan nilai rata-rata UN terbaik sekolah negeri provinsi Jawa Timur.

Proses pelaksanaan di SMPN 1 Tangerang pun berjalan dengan lancar dan tepat waktu. "Kemarin sempat terlambat sedikit tidak sampai 15 menit, namun setelah mendapatkan token dari pusat penyelangaraan UN langsung dilaksanakan," ungkap Margia perwakilan pihak sekolah.

"Biasa memang dari tahun ke tahun hari pertama ada sedikit kendala. Tapi hari kedua seperti saat ini proses berjalan dengan lancar," tambah Margia.

SMPN 1 Tangerang tahun ini menyertakan 308 siswanya untuk mengikuti UNBK dan tlah menyiapkan 4 laboratorium komputer.

Demikian pula dengan kekhawatiran sulitnya soal UNBK matematika yang berlangsung hari kedua ini. Ketiga kepala sekolah belum menerima keluhan siswa mengenai sulitnya soal UNBK matematika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com