Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Siswa Bantu Guru Melihat Dunia

Kompas.com - 26/04/2018, 18:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Gerakan yang dilakukan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) ini rupanya menyentuh siswa TK dan SD Cita Buana Jagakarsa Jakarta untuk turut memberikan kontribusi sebagai ungkapan terima kasih atas dedikasi guru.

Siswa TK dan SD Cita Buana mengadakan pameran dan lelang karya seni tanggal 23 - 26 April 2018 di sekolah. Seluruh hasil lelang disumbangkan pada gerakan Bantu Guru Melihat Dunia (BGMD).

"Kegiatan aksi nyata sosial di sekolah kami mempunyai sasaran pada bidang yang tidak jauh dari keseharian siswa. Tahun lalu kami memberikan bantuan kepada siswa berkebutuhan khusus yang berprestasi di bidang olahraga. Tahun ini, siswa ingin memberikan apresiasi kepada guru," jelas Kepala Sekolah TK-SD Julianti Hadi Purnami Nugroho, S.Pd. 

Tidak hanya siswa umum, pameran dan lelang ini juga menampilkan hasil karya dari anak-anak berkebutuhan khusus. Ada pula beberapa orang secara khusus memberi sumbangan karya seni untuk dilelang dalam kegiatan ini, tambah Juli.

Terdapat 26 lukisan dan 8 karya seni dilelang dalam pengumpulan dana tersebut. "Responnya sangat baik," jelas Juli. Lukisan hasil kreasi anak terjual dengan nilai antara 500 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Seluruh hasil lelang akan disumbangkan untuk gerakan BGMD. 

Melalui program ini, PPI Dunia memberikan kesempatan kepada para guru untuk berkunjung dan mempelajari sistem pendidikan yang ada di negara lain seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Tiongkok, dan Australia. 

Selain menjadi kesempatan siswa berpartisipasi pada kegiatan sosial, pameran ini sekaligus menjadi wadah sekolah untuk mengembangkan kemampuan dan bakat anak di bidang seni.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com