Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Torehan Seru Kisah 'Neng Koala'

Kompas.com - 30/04/2018, 10:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama (GPU) resmi meluncurkan buku "Neng Koala: Kisah-kisah Mahasiswi Indonesia di Australia". Berawal dari sebuah blog, kisah-kisah kehidupan yang sarat inspirasi ini kemudian mendapat dukungan dari Australia Global Alumni melalui skema Alumni Grant Scheme serta Causindy Alumni Grant Scheme untuk diterbitkan menjadi buku "Neng Koala: Kisah-kisah Mahasiswi Indonesia di Australia".

Berawal dari keprihatinan akan keputusan seorang teman perempuan yang melepas tawaran beasiswa kuliahnya, Melati mengajak teman-teman mahasiswi Indonesia yang tengah kuliah bersamanya di Australia untuk berbagi kisah tentang perjuangan masing-masing dalam meraih pendidikan tingginya di luar negeri.

Buku kompilasi kisah-kisah nyata ini ditulis oleh 34 mahasiswi Indonesia yang pernah menempuh studi S2, S3, kursus singkat maupun program pertukaran di Australia.

Para penulis berasal dari berbagai latar belakang berbeda: lajang, bertunangan, menikah dan membawa keluarga turut serta ke Australia, menikah namun meninggalkan pasangan dan anaknya di tanah air, hingga yang orang tua tunggal (single parent).

Semuanya tengah menempuh studi Master atau PhD, dan sebagian besar merupakan penerima
beasiswa.

Di balik suka duka mereka sebagai mahasiswi di tanah rantau, muncul benang merah yang sangat jelas: Terlepas dari segala tantangan yang dihadapi perempuan Indonesia di zaman modern ini, peluang bagi mereka untuk melanjutkan pendidikannya sangatlah besar.

Peluncuran buku ini dilakukan pekan lalu, Rabu (25/4/2018), bertempat di Aussie Banget Corner, Perpustakaan Universitas Bina Nusantara (BINUS), Jakarta. 

Dengan alur narasi yang ditulis dari sudut pandang pertama para penulis, rangkaian kisah tersebut tersajikan layaknya buku harian atau surat-surat pribadi yang ditujukan bagi seorang sahabat.

Buku Neng Koala membagikan tips-tips mendapatkan beasiswa, mempersiapkan keberangkatan bersama keluarga ke luar negeri, membagi waktu antara studi dan keluarga, mencapai prestasi akademis, beradaptasi dengan lingkungan multikultur yang baru, hingga persiapan untuk pulang kembali ke tanah air.

Buku Neng Koala bertujuan untuk menginspirasi perempuan-perempuan di tanah air agar suatu hari nanti berniat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. 

"Gramedia Pustaka Utama berharap buku ini dapat menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk tidak menyerah dalam memperjuangkan cita-cita mereka," ujar public relation PT. GPU Dionisius Wisnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com