Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Acara Seru di "FAST FEST 2018" Untar, Catat Agendanya

Kompas.com - 24/05/2018, 09:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - FAST FEST, festival animasi kembali diadakan pada 23-25 Mei 2018 di Universitas Tarumanagara (Untar).

Acara yang memasuki tahun kedua ini diadakan oleh Yayasan Tarumanagara dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan Tarumanagara Knowledge Centre, Progam Studi DKV Untar dan PT. Tekno Logika Utama. 

Tema tahun ini ‘International Class‘ menghadirkan narasumber yang karya-karyanya berhasil menembus pasar International. 

"Tema diambil karena kita sendiri punya lomba tingkat international dalam event ini. Selain itu kita juga ingin mahasiswa dan pelajar termotivasi bahwa ada orang Indonesia yg sudah berjaya di International," jelas Sonny Adi Purnomo, Ketua Pelaksana FAST FEST 2018.

Pembukaan FAST FEST  dihadiri Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan BEKRAF, Dr. Ing. Abdur Rohim Boy Berawi dan Ketua Yayasan Tarumanagara, Dr. Gunardi, S.H., M.H serta Rektor Untar Prof Dr Agustinus Purna Irawan.

Bersamaan dengan acara FAST FEST, diadakan pula perlombaan tahunan "Asiagraph Reallusion Award 2018" untuk regional Indonesia.

Ini adalah pertandingan pembuatan storytelling dalam media film animasi pendek yang dikerjakan dalam kurun waktu 48 jam non stop.

20 tim dari 13 universitas di Indonesia akan bertanding untuk menjadi yang terbaik.

"2 Tim pemenang akan dikirim ke Taiwan bulan Agustus mendatang untuk bertanding dalam laga final bersama peserta dari negara-negara Asia Pasifik dan Amerika," kata Sonny kepada Kompas.com. 

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemutaran 2 film animasi: "Battle of Surabaya" peraih 16 penghargaan internasional dan film "Si Juki" peraih box office untuk film animasi di bioskop nasional.

Baca juga: Untar Gairahkan Kembali Robotika Indonesia Lewat KRI

Selain pemutaran film, FAST FEST 2018 juga akan diisi dengan diskusi bersama sutradara-sutradara film animasi Indonesia dengan topik kemampuan sumber daya manusia lokal dalam menembus pasar international. 

Agenda acara FAST FEST mulai 24 Mei - 25 Mei 2018:

Kamis 24 Mei 2018 

FAST FEST menghadirkan narasumber-narasumber yang telah menghasilkan karya-karya yang menembus pasar International. Baik karya animasi sendiri maupun keterlibatannya dalam produksi animasi kelas dunia. Narasumber akan berbagi pengalaman dan tips untuk dapat menembus pasar International dalam berbagai media seperti Film Layar Lebar, TV Series, Festival Film, VR, Game, dan lain-lain.

Pembicara Seminar :

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com