Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Terbaik untuk Pilihan Studi di Luar Negeri

Kompas.com - 19/06/2018, 14:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - QS World University Rankings telah merilis 100 kota terbaik sebagai pilihan studi untuk tahun 2018.

Pemeringkatan 'kota pelajar' terbaik ini didasarkan pada beberapa indikator di antaranya: universitas terbaik yang terdapat di kota tersebut, proporsi jumlah mahasiswa, faktor ekonomi dan tingkat keamanan, kesempatan kerja, biaya pendidikan dan biaya hidup, serta hasil survei mahasiswa di kota tersebut. 

Nah, kota mana yang masuk 10 besar? Yuk kita hitung mundur 10 kota terbaik untuk studi di luar negeri dan cari tahu mengapa mereka mendapatkan peringkat ini:

10. Seoul 

Seoul masuk dalam peringkat 10 besar 'kota pelajar' terbaik tahun ini. Ibukota Korea Selatan ini mencapai peringkat tertinggi untuk aktivitas lulusan di mana kesempatan kerja dan faktor ekonomi berkembang pesat. Seoul dianggap sebagai kota global terkemuka dan terkenal karena infrastruktur yang berteknologi maju, kehidupan malam yang menarik, dan kancah budaya musik K-pop. Seoul dalam survei dianggap memiliki 'sesuatu yang menggetarkan' setiap orang selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

09. Sidney 

Indeks peringkat kota Sidney naik dari peringkat 13 ke peringkat ke 9 sebagai 'kota pelajar' terbaik. Tidak mengherankan Sidney masuk dalam salah satu kota yang paling diminati lantaran kualitas dan gaya hidup yang tinggi. Sidney menjadi salah satu kota yang paling beragam mahasiswanya setelah Melbourne yang naik dari peringkat dari 29 menjadi 14. Kota Sidney juga mendapat penilaian baik dalam survei yang dilakukan. 

08. Zurich 

Kota terbesar di Swiss ini juga berhasil naik peringkat dari posisi 15 tahun lalu ke posisi 8 tahun ini. Kota ini menawarkan tempat yang menarik di pantai utara Danau Zurich, dikelilingi oleh pegunungan salju dan secara konsisten dinobatkan sebagai salah satu terbaik di dunia untuk kualitas hidup secara keseluruhan. Sayangnya, biaya hidup di Zurich sangat tinggi sehingga perlu menjadi bahan pertimbangan mahasiswa yang memilih kota ini sebagai destinasi studi. 

07. Berlin 

Berada di peringkat 7, ibukota Jerman, Berlin berkembang sebagai salah satu perkotaan paling keren di Eropa dan terus meningkat popularitasnya di mata para mahasiswa dunia. Berlin juga menerima skor tertinggi untuk sebagai kota yang terjangkau berkat biaya hidup yang lebih rendah daripada Munich dan banyaknya beasiswa sekolah (tanpa memandang kewarganegaraan) di kota tersebut. Berlin juga menjadi lokasi bagi beberapa universitas terbaik yang ditawarkan Jerman, termasuk Humboldt-Universität zu Berlin yang masuk peringkat 120 di QS World University Rankings. 

06. Munich

Masih di Jerman, Munich naik tiga peringkat menempati posisi ke 6 di 'kota pelajar' terbaik tahun ini, melampaui Berlin. Dalam survey mahasiswa, Munich  dipandang sebagai kota yang mengesankan. Bisa jadi mereka menyukai budaya Bavaria yang sangat menyenangkan ditawarkan di sini. Mereka juga sangat tertarik dengan perkembangan ekonomi luar biasa dari kota Munich.

Baca juga: Infografik, Pertandingan Ulang Jerman vs Meksiko di Kancah Akademik

05. Paris

Ibukota Perancis, Paris selalu menjadi peringkat nomor satu 'kota pelajar' selama empat tahun berturut-turut hingga tahun 2017. Saat ini Paris turun menempati posisi kelima di antara kota terbaik untuk belajar di luar negeri pada 2018. Salah satunya faktor penyebab adalah menurunnya peringkat beberapa universitas yang ada di kota ini, termasuk ENS Paris di peringkat ke-43 di dunia. Namun Paris tetap menjadi pilihan dan dianggap sebagai 'tempat yang menakjubkan' untuk belajar dan juga menawarkan budaya dan masakan yang beragam. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com