Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaat ART Mudik untuk Keluarga

Kompas.com - 20/06/2018, 22:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lebaran melahirkan budaya untuk berkumpul bersama keluarga yang tidak ingin dilewatkan oleh siapapun.
 
Banyak orang dari rantauan rela pulang jauh ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga pada hari Lebaran, termasuk Asisten Rumah Tangga (ART). 
 
Saat lebaran tiba dan ART harus pulang kampung, banyak keluarga yang merasa kesulitan menangani pekerjaan rumah. Banyak keluarga terbiasa menggunakan jasa ART untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan rumah. Memasak, bersih-bersih rumah, hingga menyuci pakaian semua dilakukan ART.
 
Keluarga yang sudah terbiasa menggunakan jasa ART akan bergantung dan mengandalkan ART untuk pekerjaan rumah. 
 
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, membagikan manfaat ART pulang kampung bagi anak diantaranya:
 
1. Melibatkan anak dalam pekerjaan rumah tangga

Mudiknya ART dapat menjadi peluang kita untuk mengajarkan anak pentingnya tanggung jawab. Tidak harus membebankan anak dengan pekerjaan rumah tangga yang sulit. Cukup minta anak bertanggung jawab atas kamar tidurnya sendiri, seperti merapihkan tempat tidur setelah ia bangun, membereskan sampah di kamarnya, atau sekedar ikut mengganti seprei tempat tidurnya sendiri. Dengan ini anak akan merasa lebih memiliki rumah dan selalu ingin ikut menjaga kebersihan di rumah. 
 
 
2. Masak bersama keluarga

Jika pada hari biasa kita disibukan dengan pekerjaan kantor, tidak ada salahnya sesekali menghabiskan waktu bersama keluarga dengan hal sederhana, salah satunya memasakan bersama. Memasak merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama. Hal ini akan mempererat kedekatan antar keluarga. Keluarga bisa memasak bersama atau membuat kue lebaran bersama diselingi dengan canda. 
 
3. Membagi tugas rumah

Pekerjaan rumah yang satu ini seringkali terasa berat bila dilakukan sendiri. Apalagi untuk orang yang tidak biasa mencuci. Selagi ART pulang kampung, Baraya Disdik Jabar bisa membagi-bagi pekerjaan mencuci dengan membuat jadwal piket. Misalkan, untuk piket mencuci baju hari senin adalah kakak, untuk piket mencuci piringnya ibu, dan seterusnya.
 
Dengan ini seluruh keluarga akan ikut bekerja sama dan pekerjaan kembali menjadi mudah. Jadi walaupun ART pulang kampung selama lebaran, banyak manfaat yang didapat oleh keluarga. Salah satunya ikut bertanggung jawab untuk rumahnya sendiri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com