Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Haruskah Kerja "Part Time" di Rumah Setelah Lulus?

Kompas.com - 21/06/2018, 21:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Hidup di era ponsel cerdas dan wi-fi gratis, tidak mengherankan begitu banyak dari kita berpikir kenapa harus terikat di kantor bila pekerjaan bisa dikerjakan di rumah? Mengapa duduk di bilik kantor jika kita dapat menjadi "pengembara digital" di mana bekerja dan menjelajahi dunia dapat dilakukan bersamaan?

Namun, "ingin" bekerja dari rumah dan "mampu" melakukannya adalah dua hal berbeda. Dari beberapa penelitian menunjukan bahwa hanya sebagian dari jenis pekerjaan yang cocok untuk bekerja dari rumah dan hanya 25 persen pekerja di Amerika yang dapat bekerja secara paruh waktu.

Bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat, tetapi seperti kebanyakan hal dalam hidup, belum berarti itu cocok untuk setiap orang.

Berikut ada beberapa kerugian yang harus waspadai saat memilih kerja paruh waktu di rumah:

Merasa terisolasi

Sebagian dari kita yang sangat introvert bekerja dari rumah adalah 'surga'. Namun bagi yang lain, pergi ke kantor dan bertemu orang lain menjadi kebutuhan sama seperti kita membutuhkan oksigen. 

Bila kita betul merasa seorang introvert, interaksi sosial melalui Whatsapp dan sesekali video call mungkin sudah cukup. Namun jika kita merupakan tipe yang merindukan kontak antar pribadi, maka bekerja dari rumah mungkin bukan pilihan.

Baca juga: Lulusan Baru Wajib Miliki 8 Kemampuan Ini

Mungkin terpikir ada beberapa alternatif; kedai kopi, perpustakaan, atau ruang kerja bersama yang kini tengah menjadi tren. Memang situasi ini dikelilingi oleh orang-orang tetapi lingkungan ini masih menyimpan kekurangan yang akan kita bahas kemudian. 

Pekerja 'jarak jauh', part timer harus lebih mandiri dan perlu tahu kapan harus meminta bantuan.

Kurang aman

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, mungkin kita dapat memilih kerja di tempat yang lebih terlihat keren dan tren: gerai kopi atau ruang kerja bersama. Namun tempat semacam ini cenderung memiliki jaringan terbuka dan sensitif terhadap keamanan data.

Ada juga aspek keamanan fisik. Bagaimana jika saat kita ke toilet meninggalkan laptop di meja gerai kopi, atau bagaimana bila sampai data-data kantor hilang bersama laptop yang tercuri? Rahasia perusahaan apa yang dipertaruhkan?

Sulit promosi

Satu kekhawatiran part timer atau pekerja jarak jauh yang sering terungkap adalah mereka cenderung sulit maju dalam karir jika bekerja dari rumah.

Manajer tim harus memastikan dan memantau karena jika tidak mereka akan merasa diabaikan. Bukan hanya promosi, jika kita bekerja di kota yang berbeda dengan perusahaan bisa jadi kita mungkin juga kehilangan pelatihan, pembentukan tim dan perayaan perusahaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com