Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Ujian Tulis UGM Segera Ditutup, Ini Cara Mendaftar Secara Online

Kompas.com - 22/06/2018, 21:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Selain jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Universitas Gadjah Mada (UGM) juga membuka kesempatan melalui jalur mandiri atau yang lebih dikenal selama ini dengan jalur Utul (Ujian Tulis) UGM.

Pendaftaran jalur Utul UGM akan ditutup pada tanggal 25 Juni 2018.

Jalur Utul UGM bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA tahun 2018, 2017, dan 2016 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi (prodi) pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma.

Sama seperti SBMPTN, kelompok ujian terbagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu: Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Persyaratan mengikuti Utul UGM:

1. Warga Negara Indonesia
2. Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2018, 2017, dan 2016
3. Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih

 

Proses pendaftaran yang harus ditempuh oleh calon peserta Utul UGM:

1. Membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.

2. Bagi pendaftar jalur ujian tulis berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.

3. Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Asean 2019, di Mana Posisi Indonesia?

4. Membayar biaya pendaftaran. UGM telah menetapkan biaya pendaftaran sebagai berikut: Kelompok Ujian Soshum dan Saintek masing-masing sebesar Rp. 300.000 dan Kelompok Ujian Campuran Rp. 325.000.

5. Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.

6. Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Pihak panitia Utul UGM memberikan catatan khusus agar peserta meneliti ulang seluruh isian biodata karena perubahan data maupun dokumen tidak dapat dilakukan setelah pendaftar mengunci data (submit) dan memperoleh kode pembayaran.

Pihak panitia menyediakan beberapa lokasi Utul UGM selain di Yogyakarta, meliputi beberapa kota yaitu: Jakarta, Pekan Baru dan Medan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com