Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Destinasi Studi Pilihan Pencinta Sepak Bola

Kompas.com - 24/06/2018, 16:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - "Demam" Piala Dunia yang tengah berlangsung tentu membuat kita penasaran negara mana yang akan muncul sebagai juara tahun ini. Sambil menanti siapa bakal juara yang akan muncul, tidak ada salahnya untuk melirik negara-negara peserta Piala Dunia mana saja yang ternyata juga dapat menjadi destinasi pilihan studi. 

QS World Ranking, lembaga pemeringkatan universitas dunia mencoba memilihkan destinasi studi untuk para pencinta bola:

01. Brasil

Destinasi Studi Pecinta Sepakbola: BrasilDok. QS World Destinasi Studi Pecinta Sepakbola: Brasil

Sepak bola telah tertanam kuat sebagai "hasrat nasional" di Brasil. Warga Brasil lebih mencintai sepak bola daripada internet. Google pernah melakukan eksperimen saat Piala Dunia 2010 yang menunjukan bahwa penggunaan internet di Brasil berkurang secara drastis hampir 50 persen saat televisi menayangkan pertandingan kesebelasan nasionalnya.

Serta menjadi rumah fanatik sepak bola yang sangat tinggi, Brasil juga mendominasi universitas terbaik di Amerika Latin. Dalam peringkat QS Universitas Amerika Latin terbaru, Brasil menempatkan 83 dari 385 universitas terbaik di wilayah tersebut.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik ASEAN 2019, Di Mana Posisi Indonesia

Di antaranya Universidade de São Paulo yang masuk dalam peringkat 121 dunia dan The University of Campinas peringkat 204 dunia.

Sao Paulo dan juga Rio de Janairo juga masuk dalam daftar peringkatan "Kota Pelajar" terbaik versi WQ World berada di posisi 4 dan 7 untuk kawasan Amerika Latin.

02. Inggris

Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: InggrisDok. QS World Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Inggris

Sepak bola telah lama tertanam dalam budaya dan identitas nasional Inggris. Sebuah survei internasional tahun 2010 yang dilakukan Heineken menyebut fans Inggris sebagai yang paling "gila sepak bola", dengan rata-rata 2 jam 22 menit per minggu menonton sepak bola dan tambahan 3 jam dan 21 menit membahasnya.

Tim sepak bola Inggris juga beberapa paling terkenal secara internasional. Kesebelasan sepak bola paling banyak diikuti dunia di media sosial, lima dari 10 tempat teratas adalah tim Inggris dengan Manchester United di tempat ke-3, diikuti oleh Chelsea (ke-4), Arsenal (ke-5), Liverpool (ke-8) dan Manchester City (ke-10).

 

Tentu saja, Inggris juga memiliki reputasi terbaik di seluruh dunia untuk universitasnya, berada di posisi kedua setelah AS dalam peringkat internasional. 

The University of Oxford dan University of Cambridge adalah universitas kelas dunia dalam peringkat internasional di posisi 5 dan 6.

Bahkan untuk tahun 2018 ini, London menggeser posisi Montreal sebagai "Kota Pelajar" terbaik dunia versi QS World Ranking.

03. Afrika Selatan

Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Afrika SelatanDok. QS World Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Afrika Selatan

Selanjutnya adalah Afrika Selatan, tuan rumah Piala Dunia 2010. Selain menjadi negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, Afrika Selatan juga merupakan rumah bagi tiga universitas berperingkat tertinggi di benua itu, yang dipimpin oleh Cape Town Univerisity yang masuk dalam 200 terbaik dunia. Dari 10 universitas terbaik di benua Afrika, 6 di antaranya berada di Afrika Selatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com