Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WISH Forum, Ajang Informasi Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Kompas.com - 13/08/2018, 21:59 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ajang pameran program beasiswa "World Indonesia Scholarship (WISH) Forum 2018" digelar di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Sabtu, (11/8/2018).

Kegiatan ini memfasilitasi lembaga beasiswa dari dalam maupun luar negeri ini, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain dari Kemendikbud, acara ini didukung oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Agama (Kemenag), dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

1. Kolaborasi berbagai organisasi

 

Kegiatan ini juga merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi dari berbagai organisasi dan komunitas yang peduli terhadap peningkatan kualitas SDM Indonesia melalui berbagai program beasiswa.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (PKLN) Suharti mengatakan bahwa Kemendikbud memberikan fasilitas beasiswa untuk masyarakat berprestasi.

Baca juga: Beasiswa Future Leadership Program dari UTS Insearch Australia

 

“Kalau di Kemendikbud ada Beasiswa Unggulan untuk masyarakat yang berprestasi. Di dalamnya ada gelar dan non-gelar, untuk pegiat budaya, guru, dan untuk seniman-seniman lainnya. Ada juga yang non degree untuk di luar negeri untuk mengikuti konferensi dan sebagainya,” tutur Suharti.

2. Fasilitasi informasi beasiswa

Ketua Komite World Indonesia Scholarship (WISH) Forum 2018, Dwi Handayani mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dan kolaborasi dari berbagai organisasi dan komunitas yang peduli terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui berbagai program beasiswa.

“Karena ini kerja bareng, ini bukan pameran beasiswa saja, jadi ini ada kolaborasi dari banyak Non Governmental Organization (NGO) melibatkan 200 relawan yang peduli pendidikan untuk membuat acara bersama dan yang memfasilitasi ini adalah Pak Menteri (Mendikbud)”, kata Dwi.

Acara ini dihadiri hampir 10.000 peserta yang terdiri dari pelajar dan orang tuanya, mahasiswa, siswa difabel, guru, dosen, karyawan, jurnalis dan para scholarship hunter yang mengikuti seluruh rangkaian acara secara gratis. Dalam acara ini peserta juga dapat mengikuti lokakarya (workshop) dan berkonsultasi dengan lembaga pemberi beasiswa (dalam dan luar negeri) di Indonesia.

3. Informasi program dalam dan luar negeri

Salah satu siswa yang hadir di acara ini, Muhammad Iqbal Putra Firmansyah, mengatakan acara pameran program beasiswa yang di gelar di Kantor Kemendikbud ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar program beasiswa yang ada di dalam maupun luar negeri.

"Menurut saya, sih, membantu banget buat mencari beasiswa apalagi buat beasiswa ke luar negeri. Pengen, sih, ke US (United States) karena ada keluarga juga di sana. Tetapi masih belum mendapatkan tujuan yang pasti (beasiswa dimana)," kata siswa yang berasal dari SMK Waskito Tangerang Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com