Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI, IPB dan Universitas Rusia Jalin Kerjasama Pendidikan Pertanian

Kompas.com - 07/09/2018, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Rabu (5/9/2018) menandatangani nota kesepahaman dengan Russian State Agrarian University – Moscow Timiryazev Agricultural Academy (RSAU MTAA) di Rusia.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan oleh Arif Satria (Rektor IPB), Muhammad Anis (Rektor UI) dengan Galina D. Zolin (Rektor Russian State Agrarian University – Moscow Timiryazev Agricultural Academy).

Nota kesepahaman berisi kerjasama pendidikan termasuk pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian bidang pertanian dan lingkungan.

Galina Zolin menjelaskan bahwa peningkatan kerja sama antara Indonesia – Rusia terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini ada 3 mahasiswa Indonesia yang tahun ini memperoleh beasiswa dari Pemerintah Rusia setelah setahun lalu seorang mahasiswa lebih dahulu menjalani pendidikan S3.

Baca juga: Dari UI untuk Desa Cimareme, Memberdayakan Badan Usaha Desa

“Saat ini kami menerima tiga orang mahasiswa dari Indonesia dengan jenjang pendidikan S1, yaitu jurusan Agronomi, teknologi nutrisi dan lingkungan. Sebelum ini kami hanya ada 1 mahasiswa saja yaitu Ade Irma Elvira yang sekarang berkuliah S3 di sini,” tutur Galina seperti dikutip dari laman resmi UI.

Sebelum pertemuan berakhir, Galina menjelaskan rencana berkunjung ke Indonesia yang sebelumnya sempat tertunda dalam menghadiri kegiatan GreenMetric University World Rangking yang diselenggarakan oleh UI di Universitas Diponegoro pada April lalu.

Setelah pertemuan, rektor IPB dan UI diajak mengunjungi museum agronomi dan tanah Timiryazev. Ada berbagai jenis tanah yang dapat dilihat di museum tersebut karena RSAU MTAA memiliki spesialisasi dan departemen unggulan yaitu agronomi dan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com