Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Nursaka Pelintas Cilik, Berangkat Sekolah Lewati 2 Negara

Kompas.com - 10/09/2018, 17:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini sedang viral video seorang siswa SD yang harus melintasi 2 negara, Indonesia dan Malaysia, untuk berangkat sekolah. Video ini diunggah akun resmi Twitter milik Direktorat Jendral Imigrasi @Ditjen_Imigrasi dan di retweet akun resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) @Kemdikbud_RI.

Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, Ditjen Imigrasi menceritakan kisah Nursaka (8 tahun), siswa SD yang setiap hari melintasi dua negara untuk bersekolah.

1. Viral di jagat maya

Nursaka atau yang disapa Saka adalah WNI tinggal di Tebedu, Malaysia dan bersekolah di Entikong, Indonesia, sehingga setiap hari melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Setiap hari, Nursaka melintasi kedua negara untuk berangkat sekolah.

Dalam video juga dijelaskan, Nursaka merupakan pemegang Pas Lintas Bantas (PLB). Dalam salah satu adengan nampak Nursaka memperlihatkan dokumen PLB berwarna merah. PLB adalah dokumen perjalanan yang dimiliki khusus warga perbatasan.

Baca juga: Cerita Siswa SD di Polewali Menantang Arus Sungai Deras agar Bisa Pergi ke Sekolah

"Saya berangkat naik ojek, pulangnya naik mobil," cerita Nursaka dalam video tersebut. Hingga tulisan ini diturunkan, video tersebut telah disukai lebih dari 3.700 dan dibagikan lebih dari 3.300 kali oleh warganet. 

2. Apresiasi positif warganet

Beragam komentar yang umumnya berupa apresiasi diberikan oleh warganet terkait ketekunan Saka ini.

"Anak sd yg punya rasa nasionalis yg tinggi..patut kita apresiasi semangat anak kita ini generasi anak bangsa," ujar akun @SarjanaSinulin1.
 
"kok salute yaaa ???? aku terharuuu ???? semangat dek sekolahnya! semangat raih cita2mu ? Tuhan memberkati selalu,"  kata akun @DyahayuMM.
 
"Nih pak, pejuang cilik kita.. Patut untuk di berikan apresiasi tinggi.. "Pengen sepeda dari pak jokowi".. Tutur bocah menggemaskan ini @jokowi," unggah akun @_pandu79.
 
Tidak sedikit warganet yang memberikan komentar positif kepada pihak imigrasi atas layanan dan keramahan yang diberikan.
 
"..ramah petugasnya sm anak kecil,JD memberikan rasa nyaman ????," ujar akun @DefiRositaLesta. 
 
"Harapan Kita , seluruh Embarkasi dan Debarkasi , mencontoh ini pelayanan yang ramah, sopan, dan bersahabat, KENAPA TIDAK, anak SD aja nampak Seyum dan Senang .. apalagi yang Dewasa dan Juga bagi TURIS ASING ( TAPI mesti waspada juga, NARKOBA ) terimakasih," unggah akun @Simanj.
 

3. Syahrini mah lewat

Namun bukan warganet bila belum memberikan komentar lucu seputar video ini.
 
"Horaangg kayaahhh... Setiap hari bolak-balik luar negeri," kata akun @ArkhiadiTarigan.
 
"Kalah nih Syahrini, tiap hari ke luar negeri tu bocah,"  kata akun @jackbrother58 dan langsung ditimpali akun @SupriyatunTun, "Hahahaha syahrini mah lewaattt."
 
Akun twitter Kemendikbud melalui video ini juga mengajak pengikutnya untuk meneladan semangat dan keberanian adik Saka diserta tagar #CerdasBerkarakter.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com