Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2018, 23:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pelatihan guru untuk pemahaman Kurikulum 2013 (K-13) akan dilakukan dengan berbasis sistem zonasi pada tahun 2019. Fokusnya, pengembangan kapasitas pembelajaran di kelas.

Pelatihan sebelumnya masih dinilai belum efektif seperti yang ditargetkan pemerintah. Metode pelatihan umumnya masih terpusat, yaitu dilakukan di Jakarta atau ibu kota provinsi dan mengundang perwakilan guru dari daerah.

“Kapasitas pembelajaran terpusat pada empat kompetensi di abad ke-21 yaitu berpikir kritis dan mampu mencari jalan keluar permasalahan, inovasi dan kreativitas, komunikasi yang baik, serta kemampuan berjejaring dan berkomunikasi,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Supriano.

Baca juga: Guru Ujung Tombak Keberhasilan Implementasi Kurikulum 2013

Berdasarkan data Kemendikbud, saat ini ada 1.985 zona sekolah. Supriano, seperti dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan provinsi Jawa Barat mengatakan ada kemungkinan menambah zonasi untuk memastikan setiap anak bisa mendapa tsekolah dan pemerataan mutu guru berkesinambungan.

Supriano mengatakan inti dari Kurikulum 2013 adalah keaktifan siswa dalam belajar. Dari segi materi akademik serupa dengan kurikulum sebelumnya. Akan tetapi, guru yang dulu dianggap sebagai pusat pengetahuan kini bertindak sebagai fasilitator yang harus mengembangkan kreativitas siswa

Dalam pelatihan berbasis sistem zonasi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Guru (KKG), dan Majelis Kepala Sekolah menjadi ujung tombak. Mereka bertugas merancang pelatihan berdasarkan permasalahan nyata yang terjadi di zona mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com