Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Jarak Jauh UI Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Kompas.com - 20/09/2018, 19:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) di Surabaya, Rabu (19/9/2018).

PJJ adalah salah satu upaya UI untuk mendistribusikan pendidikan bermutu ke semua lapisan masyarakat tanpa dibatasi jarak, ruang dan waktu. PJJ UI sudah berlangsung sejak tahun 2000, serta menggunakan teknologi informasi dan komunikasi daring sebagai sarana pembelajaran.

Dalam penyelenggaraannya, PJJ UI ini berbasis open course dan open content, artinya masyarakat dapat mengakses materi perkuliahan dari ahli dan pakar di UI dan materi kuliah umum yang diselenggarakan di UI.

Baca juga: Ini 10 Universitas yang Menghasilkan Pendiri Startup Terbanyak

 

Dilansir dari laman resmi UI, beberapa materi dapat diunduh secara gratis untuk open course/kuliah terbuka melalui tautan http://ocw.ui.ac.id serta materi kuliah umum pada http://ovis.ui.ac.id dan http://mitv.ui.ac.id.

Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik merupakan penghargaan tahunan yang diberikan Kemenpan RB kepada instansi penyelenggara pelayanan publik di seluruh Indonesia.

Untuk tahun 2018 ini, jumlah proposal masuk sebanyak 2.824 yang didaftarkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 melalui Sinovik (sistem inovasi pelayanan publik).

Dari jumlah tersebut terpilih sebanyak 1.463 inovasi yang layak masuk ke tahap penilaian proposal dan terpilih lagi menjadi 150 inovasi. Dari angka tersebut kemudian dinilai dan dilakukan verifikasi lapangan oleh tim panel independen menjadi 99 top inovasi dan UI melalui PJJ berhasil menjadi salah satu diantaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com