Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pembelajaran Inspiratif untuk Anak dari Asian Para Games 2018

Kompas.com - 11/10/2018, 21:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ajang olahraga Asian Para Games 2018 telah berlangsung sejak Sabtu (6/10/2018) lalu. Pesta olahraga difabel se Asia ini akan berlangsung hingga 16 Oktober 2018 mendatang.

Para atlet yang memiliki keterbatasan fisik memiliki semangat tinggi dan berjuang untuk membela dan mengharumkan negaranya lewat olah raga. Ajang ini menjadi momen yang tepat bagi orangtua untuk mendidik anak-anak tentang banyak hal.

Forum Sahabat Keluarga Kemendikbud memberikan 3 hal yang dapat diajarkan orangtua pada anak melalui ajang Asia Para Games ini:

1. Menularkan semangat juang

Meski dengan keterbatasan fisik, para atlit memiliki semangat juang untuk bertanding. Semangat itu yang harus ditularkan kepada anak, apalagi mereka yang memiliki bentuk tubuh normal.

Baca juga: Mendikbud Imbau Siswa AKSI 2018 Pertahankan 3 Aset Termahal Bangsa

Untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, semangat yang ditunjukkan para atlet tentu saja dapat membakar semangatnya untuk dapat berprestasi di kemudian hari. Anak-anak difable dapat fokus pada satu olah raga yang diminatinya.

2. Mengenalkan beragam cabang olahraga

Asian Para Games 2018 mempertandingkan 18 cabang olah raga khusus difabel. Ada beberapa cabang olahraga yang sama dengan yang dipertandingkan di Asian Games, tentu dengan peraturan dan tata cara yang khusus.

Namun ada juga cabang olah raga khusus disabilitas seperti Boccia. Informasi tentang cabang olahraga ini tentu menjadi hal baru bagi anak dan memberikan inspirasi baginya.

3. Inspirasi dalam keterbatasan

Cerita perjalanan atlit hingga terpilih menjadi wakil Indonesia tentu saja memiliki inspirasi tersendiri. Ada atlet yang memiliki keterbatasan fisik sejak lahir, ada juga yang kehilangan anggota tubuhnya saat remaja.

Perjuangan mereka untuk bangkit dan menerima kenyataan tersebut hingga mereka menjadi atlet sangat menarik untuk diceritakan kepada anak. Kisah tersebut dapat memberikan inspirasi pada anak bahwa berjuang bisa dengan cara apa saja dan dalam kondisi apa saja.

4. Belajar bersyukur 

Ajak anak untuk selalu bersyukur dengan apa yang ia miliki saat ini. Para atlet Asian Para Games tentu selalu bersyukur meski dengan keterbatasan pada tubuhnya, mereka dapat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Semakin bersyukur ketika dapat menjadi wakil negara dan meraih medali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com