Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies Baswedan: STEAM Jadi Aspek Penting Generasi Masa Depan

Kompas.com - 16/10/2018, 22:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pemeritah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia (YPRI) menyepakati kerja sama tentang edukasi teknologi robotik di Provinsi DKI Jakarta melalui konsep Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematic (STEAM).

Penandatangan Kesepakatan Bersama dilakukan langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Ketua YPRI, Wahidin Wahab (11/10/2018). Turut hadir dalam prosesi penandatangan tersebut, pendiri World Robotic Explorer, Jully Tjindrawan.

Dikutip dari berita Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta, Anies mengatakan, sains, teknologi, rekayasa teknik, seni, dan matematika merupakan aspek penting bagi generasi depan Indonesia. Sebab, generasi penerus bangsa harus mampu membuat Indonesia tidak hanya sejajar dengan bangsa-bangsa lain, tapi bisa berada di level yang lebih tinggi.

Baca juga: Seberapa Penting Mempelajari Robotik di Sekolah?

Menurut Anies, pendidikan anak-anak dapat dimaksimalkan dengan memberikan kesempatan lebih luas mempelajari hal-hal baru dan disukainya. Termasuk, pendidikan robotik yang mengajarkan nilai kreativitas dan inovasi.

"Pola ini bisa diterapkan dalam bentuk ekstrakulikuler maupun studi wisata untuk sekolah-sekolah di Jakarta. Disdik buka pintunya, ajak terlibat, fasilitasi, dan pastikan faedah yang didapat anak-anak itu betul-betul dapat dirasakan," ungkapnya.

Anies menambahkan, generasi penerus perlu dibekali dengan aspek moral dan kinerja yang baik. Aspek moral yakni iman dan takwa, sedangkan aspek kinerja adalah ulet, tangguh, tuntas, dan kerja keras.

"Tidak kalah penting adalah aspek tentang literasi. Itu semua perlu kerja panjang yang tidak mudah, kita ingin suatu saat kita mendapatkan apresiasi dan kebanggaan itu datang," tandasnya.

Ruang lingkup kesepakatan bersama antara Pemprov DKI dengan YPRI mencakup 5 hal utama yakni:

1. Kompetisi tahunan Piala Gubernur Olimpiade Robotika Provinsi DKI Jakarta.

2. Sinkronisasi kurikulum edukasi teknologi robotik.

3. Pelatihan robot solution dan digital bagi guru dan peserta didik.

4. Kegiatan ekstrakurikuler edukasi teknologi robotik di tingkat SD, SMP, maupun SMA

5. Studi lapangan siswa-siswi SD, SMP, maupun SMA ke Rumah Robot

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com