Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISI Yogyakarta Bangun Jiwa Pemenang lewat "Peksiminas 2018"

Kompas.com - 17/10/2018, 19:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter bangsa bagi mahasiswa melalui seni dan budaya, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menggelar Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) dilaksanakan tanggal 15-21 Oktober 2018 di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Acara pembukaan Peksiminas yang dilaksanakan di lapangan Pancasila Universitas Gadjah Mada (UGM) dihadiri Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin, Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan, Rektor UGM Panut Mulyono dan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Direktur Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam mengikuti kompetisi ini mahasiswa bukan hanya mendapatkan hadiah keluar sebagai pemenang namun banyak hal lain yang bisa mahasiswa dapatkan.

Baca juga: Kemenristek Imbau Magang dan Wirausaha jadi Bagian Pendidikan Tinggi

 

“Dalam sebuah kompetisi menang itu penting, namun yang lebih penting adalah terbangunnya jiwa pemenang, yaitu berupa semangat juang yang kuat dan tidak kenal menyerah, sportivitas dan kerja tim” ujar Didin seperti dikutip dari laman resmi Kemenristekdikti.

Penyelenggaraan Peksiminas digelar 2 tahun sekali dan tahun 2018 ini merupakan Peksiminas XIV dimana pesertanya adalah mahasiswa terbaik yang lolos dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida).

Pelaksaan Peksiminas tahun 2018 ini diikuti 33 pengda BPSMI dengan sejumlah 1.036 mahasiswa dan 441 official. Ada 8 (delapan) perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya untuk mengikutin PEKSIMINAS, diantaranya :

1. ISI Jogjakarta
2. Universitas Gadjah Mada
3. Universitas Ahmad Dahlan
4. Universitas Sanata Dharma
5. STIKOM AKINDO Jogjakarta
6. Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta
7. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa – APMD
8. Universitas Katolik Atma Jaya Jogjakarta

Sebanyak 15 rangkaian lomba diikuti peserta Peksiminas di antaranya: vokal grup, pop, dangdut, keroncong, seriosa, tari, baca puisi, monolog, penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, desain poster, lukis, fotografi dan komik strip.

Penyelenggaraan PEKSIMINAS digelar dua tahun sekali dan untuk tahun 2018 ini merupakan PEKSIMINAS XIV dimana pesertanya adalah mahasiswa terbaik yang lolos dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA). Pelaksaan PEKSIMINAS ke XIV tahun 2018 diikuti oleh 33 pengda BPSMI dengan sejumlah 1.036 mahasiswa dan 441 official. Ada 8 (delapan) perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya untuk mengikutin PEKSIMINAS, diantaranya :

1. ISI Jogjakarta;
2. Universitas Gadjah Mada;
3. Universitas Ahmad Dahlan;
4. Universitas Sanata Dharma;
5. STIKOM AKINDO Jogjakarta;
6. Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta;
7. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa – APMD;
8. Universitas Katolik Atma Jaya Jogjakarta.


Read more at https://ristekdikti.go.id/kabar/menang-itu-penting-tetapi-memiliki-jiwa-pemenang-jauh-lebih-penting/#YRv5Fv7MFJIOCizQ.99

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com