Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Luncurkan Mobil Bioskop Keliling untuk 11 Wilayah

Kompas.com - 02/11/2018, 18:32 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meresmikan mobil bioskop keliling oleh Sekretaris Jenderal Didik Suhardi pada Jumat (2/11/2018).

Kepala Tata Usaha Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Abu Chanifah atau Hanif menyatakan bahwa mobil bioling merupakan implementasi dari program Presiden Joko Widodo.

"Mobil bioling ini merupakan implementasi Nawacita Bapak Jokowi, yaitu janji beliau untuk memberikan akses kepada masyarakat yang tidak memiliki akses bioskop untuk bisa menonton film Indonesia yang bertemakan revolusi mental," ujar Hanif saat dihubungi Kompas.com pada Jumat (2/11/2018).

Selain sebagai akses kepada masyarakat yang tidak memiliki bioskop di daerahnya, mobil bioling ini pun hadir dengan berbagai fasilitas guna menunjang persebaran perfilman di Indonesia.

Menurut Hanif, mobil ini memiliki fasilitas, yakni berisi peralatan bioskop atau peralatan pemutar film yang sudah lengkap dan memenuhi standar untuk pemutaran outdoor.

"Fasilitas ini dikemas atau didesain dengan menggunakan mobil sebagai layanan untuk menonton bagi masyarakat yang tidak memiliki akses bioskop," ujar Hanif.

Karena bernama mobil bioskop keliling, tentunya mobil ini memiliki jalur untuk pengalokasian pemutaran film ke berbagai wilayah.

Baca juga: Sambut Sumpah Pemuda, Kemendikbud Gelar Festival Literasi Sekolah

Sebelas wilayah

Hanif mengungkapkan, ada 11 kabupaten yang nantinya akan menerima bantuan mobil bioling ini.

"Mobil ini dialokasikan ke Merauke, Sambas, Kupang, Bone Bolango, Sukabumi, Malang, Tangerang, Surabaya, Yogyakarta, Lampung barat, dan satu kabupaten lainnya," ujar Hanif.

Adapun pengalokasian wilayah berdasarkan hasil seleksi proposal dengan kriteria penerima lembaga yang mapan dan memiliki anggaran rutin dengan memperhatikan lokasi.

Kemudian, kriteria lain seperti apakah wilayah tersebut memiliki akses bioskop atau tidak dan program kegiatan pengembangan film di daerah.

Hanif mengatakan, nantinya mobil bioling ini akan beroperasi secara rutin ke daerah-daerah kecamatan dan desa dengan materi film yang telah disuplai oleh Pusbangfilm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com