Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2018, 22:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Siapa bilang mengintegrasikan pendidikan sains dan agama adalah hal mustahil?

Metode pendidikan Madina Islamic School dapat menjadi salah satu modelnya. Soal integrasi sains dan pendidikan agama ini disampaikan Riyanto Sofyan, Founder Madina Islamic School saat menerima kunjungan petinggi Cambridge International ke Indonesia, Jumat (26/10/2018).

Menurut Riyanto, disiplin ilmu sains seperti matematika, algoritma dan aljabar juga terdapat dalam Al Quran. "Makna yang tersirat dalam Al Quran mengandung makna- makna dalam ilmu sains, ilmuwan muslim pendahulu telah mengajarkan kita banyak hal ini seperti Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, dan lainnya," jelas Riyanto.

Ia menambahkan sejarah perkembangan ilmu Aljabar tidak dapat dilepaskan dari peradaban Islam. Riyanto menjelaskan, Al Khawarizmi dikenal sebagai penemu Aljabar sebelum diadopsi Yunani menjadi ilmu aritmatika.

"Jadi sebenarnya tidak sulit mengintegrasikan sains dan agama dalam kurikulum pendidikan kalau kita tahu akar sejarahnya," tegasnya.

Baca juga: FLS 2018 dan Momentum Mengintegrasikan Literasi dalam Kurikulum 2013

Dalam hal akademik, Madina Islamic School menjadi sekolah yang mengadopsi tiga kurikulum sekaligus yaitu kurikulum Cambridge International, kurikulum Al-Azhar Cairo, dan kurikulum Nasional.

Meskipun terkesan berat dan sulit bagi siswa, namun ketiga kurikulum ini sukses diterapkan di sekolah yang sudah berdiri selama hampir 15 tahun itu.

Riyanto menyampaikan pada awalnya orang tua siswa merasa keberatan dengan diberlakukannya 3 kurikulum sekaligus. Alasannya, menurut orang tua siswa dapat mengganggu keseimbangan waktu belajar dan bermain anak.

"Lambat laun, orang tua siswa mulai percaya dengan kurikulum yang diterapkan oleh sekolah, alumni Madina Islamic School juga banyak yang akhirnya diterima di sekolah terbaik dalam negeri dan luar negeri," tambahnya.

Ian Harris, Head of Marketing Communications Cambridge International Examination, menyampaikan kekagumannya. Sebab, tidak sedikit sekolah kewalahan mengintegrasikan sains, dalam hal ini kurikulum Cambridge International, ke dalam kurikulum baku sekolah.

Selain Ian Harris, hadir dua petinggi Cambridge International lainnya, yaitu Dianindah Apriyani, Senior Country Manager Indonesia dan Eve Sewell, Marketing Communication Manager, Southeast Asia and Pacific. 

Madina Islamic School (MIS) sendiri merupakan sekolah Islam inklusif dan terpadu mulai dari tingkat pre-school, kindergarten (TK), primary school (SD), dan secondary school (SMP). MIS menerapkan tiga kurikulum pendidikan yaitu kurikulum nasional, kurikulum internasional dari Cambridge School, dan kurikulum Al-Azhar Cairo.

MIS juga menerapkan kebijakan wajib hafalan Al-Quran kepada siswa SD dan SMP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com