Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelibatan Orangtua dalam Kelas Inspirasi

Kompas.com - 20/12/2018, 23:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menurut penelitian di Vanderbilt University, keterlibatan orangtua bukan hanya proses yang statis tetapi berlangsung sepanjang waktu dan sangat dinamis. Orangtua memiliki peran penting untuk membantu anak meraih cita-cita. Untuk itu orangtua haruslah menjadi suri teladan bagi anak.

Kondisi di lapangan memperlihatkan orangtua menjadi sosok yang ditiru atau diteladani anak. Biasanya apa yang dilakukan orangtua akan diikuti anak.

Misalnya bila orangtua perokok maka anak juga akan berpotensi menjadi perokok, bila orangtua rajin olahraga maka ikut berolahraga, dan lain sebagainya. Maka, keterlibatan orangtua berkaitan erat dengan hasil prestasi anak baik secara akademik maupun karakter.

Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, seorang anak akan termotivasi untuk mendapatkan nilai sempurna di sekolah, berperilaku baik, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, dan memiliki keterampilan sosial jika orangtua secara aktif berperan serta mendukung anaknya dan memberikan teladan hidup yang benar.

Oleh sebab itu penting bagi sekolah untuk melibatkan orangtua siswa dalam kegiatan di sekolah.

Baca juga: Pendidikan Karakter Antikorupsi Diharap Sentuh Ruang Keluarga dan Kelas

Salah satu kegiatan di sekolah yang baik dilakukan dengan melibatkan orangtua adalah kelas inspirasi. Kelas inspirasi adalah kegiatan yang dilakukan di sekolah dengan menghadirkan orangtua yang berasal dari latar belakang profesi yang berbeda.

Kelas inspirasi bisa diadakan satu kali dalam sebulan dengan menghadirkan para orangtua siswa.

Di kelas inspirasi para orangtua dapat memperkenalkan profesi atau pekerjaan yang dilakukan orangtua serta memberikan motivasi kepada anak untuk meningkatkan prestasi belajar.

Dengan mengadakan kelas inspirasi di sekolah yang melibatkan orangtua sebagai narasumber maka akan menumbuhkan rasa bangga anak kepada orangtua.

Selain itu, orangtua menjadi mengenal dan dekat dengan teman-teman anaknya di dalam kelas. Di kelas inspirasi, para siswa diajarkan untuk saling menghargai dan menghormati profesi orangtua temannya sehingga rasa kekeluargaan akan terasa di dalam kelas.

Motivasi yang diberikan para orangtua di kelas inspirasi dapat membangkitkan semangat belajar anak dan membantu anak mulai berimajinasi tentang cita-cita nya di masa depan. Penulis meyakini kelas inspirasi yang menghadirkan para orangtua siswa akan menjadi memori kuat di dalam diri siswa yang akan diingat terus.

Dukungan orangtua kepada pendidikan anak tidak hanya materi saja, perhatian dan peran serta orangtua di dalam kegiatan di sekolah merupakan motivasi terbesar anak untuk meraih prestasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com