Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Masuk UI? Simak 15 Info Terbaru dari UI Ini...

Kompas.com - 08/01/2019, 17:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka sosialisasi informasi kepada calon mahasiswa, Universitas Indonesia (UI) menggelar Konferensi Pers Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru UI Tahun 2019 pada Selasa (8/1/2019) di Gedung Pusat Administrasi UI kampus Depok.

Hadir sebagai pembicara Rektor UI Prof. Muhammad Anis, Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Bambang Wibawarta dan Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI Untung Yuwono.

Berikut beberapa informasi terbaru Penerimaan Mahasiswa Baru UI tahun ajaran 2019/2020:

Jalur dan kuota

1. Jalur Masuk S1 Reguler UI 2019 adalah melalui Seleksi Nasional (SNMPTN dan SBMPTN) serta SIMAK UI (jalur mandiri).

2. Jalur Masuk S1 Paralel, S1 Kelas Internasional dan Vokasi UI 2019 adalah melalui PPKB/Talentscouting dan SIMAK UI.

3. Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Reguler UI adalah 40 persen melalui SBMPTN, 30 persen SNMPTN dan 30 persen Seleksi Mandiri melalui SIMAK UI.

4. Kuota Jalur Penerimaan untuk Vokasi UI adalah 30 persen melalui SIMAK UI dan 70 persen PPKB.

Baca juga: SNMPTN 2019 Dimulai, Ini Tahapannya

5. Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Paralel UI adalah 50 persen (melalui SIMAK UI) dan 50 persen (PPKB).

6. Kuota Jalur Penerimaan untuk S1 Kelas Internasional UI adalah 60 persen (melalui SIMAK UI) dan 40 persen (Talentscouting UI).

Jadwal seleksi

7. Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SNMPTN dan PPKB/Talentscouting UI akan dibuka pada 4 Februari 2019.

8. Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SBMPTN akan dibuka pada 1 Maret 2019.

9. Jadwal Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru 2019 jalur masuk SIMAK UI akan dibuka pada 10 Juni 2019.

Materi seleksi

10. Materi Seleksi SIMAK UI adalah Menulis Esai (mengukur kemampuan softskill) dan Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

11. Materi Seleksi SIMAK UI – Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science).

12. Materi ujian pada SBMPTN adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) – mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) – mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah.

Prodi UI

13. UI memiliki 122 program studi di empat program pendidikan (Vokasi, S1 Reguler, S1 Kelas Internasional dan S1 Paralel).

14. Terdapat program studi baru pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu S1 Kelas Internasional Pendidikan Dokter Gigi (Single Degree yang bekerja sama dengan Newcastle University UK dan ACTA Amsterdam).

15. Sedangkan pada program S1 Reguler prodi baru adalah Ilmu Aktuaria dan Teknik Biomedis yang telah dibuka sejak tahun ajaran 2018/2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com