Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penguatan Karakter Diperoleh melalui Pembiasaan

Kompas.com - 08/01/2019, 21:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Penguatan karakter tidak dapat tercapai hanya dengan hitungan hari, melainkan melalui kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Tak terkecuali meningkatkan karakter kepemimpinan. Salah satu caranya yakni dengan melatih jiwa kepemimpinan dalam organisasi.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat, Dewi Sartika dalam acara peringatan hari jadi Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) ke 6 di Bandung, Jawa Barat (5/1/2019). 

“Penguatan karakter didapatkan melalui pembiasaan, proses dan kerja keras lah yang paling penting agar nanti Jawa Barat mampu mencetak pemimpin,” kata Dewi Sartika seperti dikutip dari laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Baca juga: Dinas Pendidikan Jakarta Bagikan Soal Try Out UN dan USBN di Sini

Acara tersebut dihadiri 300 siswa terdiri dari perwakilan ketua dan pengurus OSIS di 27 kabupaten kota. Selain siswa, acara tersebut pun dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Selain mengapreasiasi kegiatan tersebut, Kadisdik mengatakan para siswa memiliki inisiatif serta semangat tinggi untuk menumbuhkan karakter dan jiwa kepemimpinan. “FOJB luar biasa, merupakan wadah yang menginspirasi dan penuh inisiatif untuk menumbuhkan jiwa kepemiminan siswa,” tuturnya

Kadisdik berharap kelak siswa yang merupakan generasi penerus mampu melahirkan kebaikan dan perbaikan.

“Energi siswa luar biasa dan ini sangat menginspirasi. Semangat terus untuk berproses dan bekerja keras. Tak ada keberhasilan tanpa kerja keras,” ucapnya.

Hal senada pun diucapkan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Gubernur mengatakan, pemimpin muda harus mampu meningkatkan kualitasnya agar mampu memimpin diri sendiri dan orang banyak.

“Mereka adalah pemimpin penerus bangsa, kita harus siapkan mereka agar mampu menjadi harapan masa depan,” ujarnya.

Selain itu, Gubernur pun menerangkan empat aspek yang harus dimiliki oleh pemimpin yang baik dan harus diterapkan oleh generasi muda. “Cirinya ada empat, beriman, berilmu, berakhlak dan sehat fisiknya,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com