Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Bhinneka Tungga Ika, Budi Luhur Gelar "Minang Festival"

Kompas.com - 18/02/2019, 21:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Budi Luhur menggelar "Budi Luhur Minang Festival" pada 16 Februari 2019, di Auditorium Universitas Budi Luhur, Jakarta. Kegiatan merupakan bentuk nyata kepedulian Universitas Budi Luhur terhadap pelestarian budaya di Nusantara

"Budi Luhur Minang Festival" ini menampilkan beberapa beberapa kegiatan di antaranya;

  • Puluhan jenis kuliner jajanan Minang
  • Pertunjukkan saluang (suling) oleh seniman Katik Batuah yang dihadirkan dari tanah Minang beserta Si  E, penyanyi pasangannya.
  • Sri, pelawak khas Minang
  • Tari-tarian minang.

Baca juga: Mendorong Perguruan Tinggi Swasta Tembus 500 Universitas Terbaik Dunia

Dalam kegiatan ini diberikan pula penghargaan kepada tokoh pelestari adat budaya minang Yus Datuk Pratapia oleh Kasih Hanggoro Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti dan Prof. Didik Sulistyanto Rektor Universitas Budi Luhur.

Rektor Universitas Budi Luhur menyampaikan, “Indonesia ini sangat kaya budaya. Jangan sampai kekayaan ini diambil  bangsa lain. Semua budaya yang ada di nusantara harus kita jaga dan kita lestarikan."

Budi Luhur Minang Festival (16/2/2019) di kampus Budi Luhur, Jakarta.Dok. Universitas Budi Luhur Budi Luhur Minang Festival (16/2/2019) di kampus Budi Luhur, Jakarta.

"Kegiatan Minang Festival ini merupakan salah satu bentuk bagaimana Universitas Budi Luhur menjaga dan melestarikan budaya nusantara,” tambah Prof. Didik Sulistyanto. 

Ketua Pusat Studi Kebudiluhuran sekaligus ketua penyelenggara Yusran menyampaikan acara ini terbuka untuk umum.

“Angku dun sanak, kami jalang untuk baringan datang. Bagurau Samalam Suntuak Dendang Saluang” ujar laki-laki berdarah minang ini. Sedangkan Kasih Hanggoro menyampaikan, “Acara sengaja digelar malam minggu agar banyak orang dapat hadir dan menjalin keakraban di Budi Luhur ini."

Humas Universitas Budi Luhur Liza Dwi Ratna Dewi menyampaikan ke depan Universitas Budi Luhur berencana menggelar festival beragam budaya nusantara lain seperti: Jawa, Batak, Toraja, Dayak, dan sebagainya.

"Sivitas akademika Universitas Budi Luhur memang berasal dari berbagai wilayah tanah air. Dan Budi Luhur terus akan berusaha menjaga Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com