Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah di China atau Australia? Ini 5 Kampus Terbaik Asia Pasifik

Kompas.com - 27/02/2019, 14:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) telah merilis pemeringkatan universitas terbaik di Asia-Pasific (20/2/2019). Ranking universitas Asia-Pasifik versi THE 2019 ini memetakan peringkat universitas di seluruh Asia Timur, Asia Tenggara dan Oseania dari 300 universitas di 13 negara.

Jepang adalah negara paling banyak masuk dalam daftar peringkat ini dengan 103 universitas. Cina berada di posisi kedua dengan 72 universitas. Negara lain yang memiliki posisi kuat dalam pemeringkatan adalah Australia (35 universitas), Taiwan (32), Korea Selatan (29) dan Thailand (14).

Dalam pemeringkatan, THE menggunakan metodologi khusus dalam mengukur indikator meliputi; citations (kutipan/reputasi jurnal ilmiah) 30 persen, industry income (pandangan dunia industri) 2,5 persen, international outlook (pandangan internasional) 7,5 persen, research (riset) 30 persen, dan teaching (pengajaran) 30 persen.

Baca juga: UI dan ITB Masuk Daftar 200 Universitas Terbaik Asia-Pasifik

 

University of Melbourne menjadi satu-satunya universitas di luar Asia yang berhasil masuk 5 besar, masuk posisi ketiga atau naik satu peringkat setelah tahun lalu berada di posisi keempat.

Universitas lain masuk dalam lima besar adalah Universitas Tsinghua (di tempat pertama), Universitas Nasional Singapura (tempat kedua), Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (tempat keempat) dan Universitas Hong Kong (tempat kelima).

5 universitas terbaik di Asia-Pasifik versi THE 2019:

1. Tsinghua University, China

Universitas Tsinghua merupakan salah satu kampus paling selektif di dunia dan dikenal sevagai universitas riset yang komprehensif. Memiliki lebih dari 20 jurusan dan 54 prodi mencakup disiplin ilmu termasuk seni, ekonomi, pendidikan, teknik, sejarah, manajemen, kedokteran, hukum, sastra, filsafat, dan sains.

Tsinghua juga dikenal memiliki lebih dari 110 asosiasi dan kelompok mahasiswa meliputi lima bidang: sains dan teknologi, pelatihan fisik, humaniora, seni, dan kesejahteraan masyarakat.

Kampus Tsinghua berada di barat laut ibukota Beijing, di distrik Haidia, yang sejak lama memang disediakan khusus untuk universitas dan lembaga akademis lain.

2. National University of Singapore, Singapura

National University of Singapore adalah universitas yang dikenal sangat internasional, lebih dari setengah mahasiswa terdiri dari mahasiswa internasional. NUS juga memiliki cabang perguruan tinggi di banyak lokasi di luar negeri termasuk Israel, Jerman, AS dan Swedia. 

termasuk membentuk kolaborasi universitas dengan universitas terkemuka lain yakni AS Duke University dan Yale University .

Universitas ini memiliki 17 prodi di tiga kampus di Singapura, dan selalu masuk dalam peringkat terbaik di level Asia maupun internasional.

Awalnya, universitas ini dimulai sebagai sekolah kedokteran tahun 1905 dan sejak itu berkembang menjadi salah satu universitas unggulan di Asia.

3. University of Melbourne, Australia

University of Melbourne merupakan lembaga penelitian publik dan universitas tertua kedua di Australia. Empat perdana menteri Australia  dan 9 penerima Nobel merupakan lulusan dari universitas ini.

Universitas yang juga menawarkan program pascasarjana ini terpandang sebagai salah satu universitas riset terkemuka di Australia, dan beberapa penelitian yang dikembangkan di sana telah diterapkan di seluruh dunia. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com