Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2019, 23:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Indo Premier Sekuritas meresmikan Laboratorium dan Galeri Investasi BEI sebagai sarana pembelajaran mahasiswa terkait investasi dan pasar modal.

Pendirian Laboratorium dan Galeri Investasi BEI ini juga bertujuan mengenalkan pasar modal sejak dini kepada mahasiswa. Galeri ini akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan.

Peresmian dilakukan oleh Direktur Perdagangan dan Pengaturan BEI Laksono Widito, Direktur PT Indo Premier Sekuritas Alex Widi Kristiono, serta Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura, Administrasi Umum Vokasi UI Antony Sihombing (5/3/2019).

Menjawab kebutuhan industri

“Saat ini, pendirian Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yaitu kerjasama BEI, Universitas dan Perusahaan Sekuritas sehingga diharapkan sivitas akademika tidak hanya mengenal pasar modal dari teori saja namun praktik secara langsung terjadinya proses jual beli saham,” ujar Laksono.

Baca juga: Bappenas Sebut Roadmap Pendidikan Vokasi sudah Rampung

Pada kesempatan sama, Antony mengatakan Galeri Investasi di Vokasi UI akan difungsikan sebagai laboratorium namun juga terbuka untuk umum.

“Kami senang semakin banyak industri berkomitmen mendukung Vokasi UI melalui dukungan-dukungan fasilitas maupun tenaga ahli, salah satunya adalah BEI," ujarnya.

Ia menambahkan, "Mahasiswa akan praktik langsung di Galeri ini dan melakukan transaksi secara riil sehingga diharapkan saat mereka lulus, tidak ada lagi gap kompetensi antara lulusan dan kebutuhan industri.” ujar Antony.

Di galeri ini, sivitas akademika dapat melakukan transasksi saham berupa reksadana dan lainnya.

Media riset dan literasi

Lebih lanjut, Ketua Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Dede Suryanto, mengatakan Galeri Investasi ini sebagai representasi industri yang dapat dimanfaatkan sebagai laboratorium pembelajaran bisnis dan investasi pasar modal.

Pembelajaran ini dapat dilakukan oleh seluruh prodi di lingkungan Vokasi UI untuk melakukan riset pasar modal dan menjadi literasi bagi sivitas akademika dan masyarakat luas.

“Bulan pertama merupakan bulan uji coba, kami berharap bulan depan sudah dapat berjalan dengan optimal” ujar Dede

Vokasi UI sendiri menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum 3:2:1 di mana mahasiswa akan belajar teori dan praktik di laboratorium selama 3 semester, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang.

Adapun program studi Vokasi UI terdiri atas pilihan: Administrasi Keuangan dan Perbankan, Adm. Asuransi dan Aktuaria, Adm Perkantoran dan Sekretari, Administrasi Perpajakan, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Pariwisata, Akuntansi, Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Perumahsakitan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com