Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.622 Peserta SNMPTN Diterima di ITB, Perhatikan Langkah Selanjutnya

Kompas.com - 26/03/2019, 18:51 WIB
Mela Arnani,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 1.622 calon mahasiswa baru diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB) lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2019.

Direktur Eksekutif Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa dan Kerja Sama Pendidikan ITB, Mindriany Syafila mengatakan, total pendaftar di ITB untuk jalur SNMPTN kali ini mencapai 11.878 orang.

"Dari 1.622 orang calon mahasiswa yang diterima di ITB, 197 orang diantaranya merupakan calon penerima beasiswa Bidikmisi," kata Mindry kepada Kompas.com, Selasa (26/3/2019) siang.

Mindry memaparkan, banyaknya pendaftar di seluruh program studi yang ada di ITB untuk SNMPTN 2019 dapat dikatakan merata.

"Keketatan (persaingan) semua fakultas dan sekolah di ITB itu hampir sama," ujar dia.

Baca juga: UGM Buka 6.866 Kuota Mahasiswa Baru Lewat Tiga Jalur, Ini Rinciannya

Total mahasiswa yang diterima ITB ini berasal dari 34 propinsi di Indonesia. Sebagian besar berasal dari Jawa Barat (612 orang), DKI Jakarta (304 orang) dan Banten (89 orang).

Sisanya, berasal dari tiga propinsi di Pulau Jawa (273 orang) dan 28 propinsi lain di luar Pulau Jawa (344 orang).

Mindry menyampaikan, akan ada tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana di ITB. Tiga jalur itu yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM)-ITB.

Setiap calon mahasiswa ITB angkatan 2019 diwajibkan melakukan pendaftaran mahasiswa baru ITB sesuai jadwal, baik ada atau tidaknya pengumuman tentang besaran uang kuliah yang harus dilunasi.

Sebagai catatan, pendaftaran mahasiswa baru tidak dapat diwakilkan. Calon peserta harus hadir sendiri, di mana sebelumnya dapat melakukan pengisian data calon mahasiswa di laman resmi http://pmb.akademik.itb.ac.id mulai 23 April hingga 30 April 2019 (termasuk bagi mahasiswa penerima Bidikmisi).

Keterangan mengenai pengisian data calon mahasiswa secara online ini dapat dilihat di laman berikut: Pengisian Data Induk Calon Mahasiswa ITB.

Pendaftaran mahasiswa baru bagi peserta SNMPTN (selain penerima Bidikmisi) yang dinyatakan lolos dilaksanakan pada 14-16 Mei 2019 sesuai jadwal masing-masing fakultas atau sekolah.

"Lokasi pendaftaran dilakukan di ITB Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat," tutur Mindry.

Terkait jadwal lengkap pelaksanaan dan persyaratan pendaftaran mahasiswa baru dapat di akses di sini.

Mindry menambahkan, peserta yang tidak lulus SNMPTN 2019 masih berpeluang menjadi mahasiswa ITB melalui dua jalur seleksi masuk lainnya.

Peserta dapat mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti seleksi SBMPTN.

Sebagai tambahan informasi, UTBK 2019 akan dilaksanakan dua gelombang, di mana peserta diperbolehkan maksimal mengikuti dua kali tes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com