Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selepas Sumpah Dokter, Avin Langsung “Terbang” Bersama TNI AU

Kompas.com - 20/04/2019, 13:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Impian Letda. Kes dr. Muhammad Avin Zamroni berkarir sebagai dokter di lingkungan militer tercapai sudah sudah. Pasalnya, putra pertama tiga bersaudara pasangan Alm. Abdul Basid dan Handayani ini baru saja selesai melakukan prosesi Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Jember di Gedung Soetardjo, (10/4/2019).

“Saya bersyukur karena bisa melalui dua proses yang penuh dengan perjuangan. Proses pertama adalah proses selama saya menempuh pendidikan dan profesi Kedokteran di Universitas Jember," ujar Avin disampaikan melalui rilis resmi Universitas Jember.

Ia melanjutkan, "Dan yang kedua adalah proses seleksi Perwira Prajurit Karier TNI tahun 2018 lalu sebagai dokter di Angkatan Udara dengan pangkat Lenan Dua Kesehatan.”

Seleksi ketat 

Avin mengatakan menjadi seorang Perwira di lingkungan TNI AU tidak mudah. Selain harus melalui mekanisme seleksi amat ketat, Avin juga harus bersaing dengan ratusan Sarjana Kedokteran lulusan dari kampus-kampus terbaik di Indonesia.

Baca juga: Lewat BIPP, Binus Konsisten Kurangi Gap Lulusan PT dengan Industri

“Alhamdulillah semua tahapan seleksi mulai dari seleksi administrasi, tes akademik, tes ketahanan fisik saya selesaikan dengan baik. Selain itu juga ada tes mental dan tes ideologi terkait dengan bela negara,” ujar Avin.

Avin mengaku cukup percaya diri dalam mengikuti semua tahapan seleksi karena menurutnya, Kedokteran Universitas Jember cukup dikenal baik di lingkungan TNI. "Setiap tahun alumni dari Kedokteran Universitas Jember selalu ada yang lolos dalam seleksi calon Perwira Prajurit Karier TNI," ujar Avin.

Lanjutkan pendidikan

“Setelah ini saya masih harus mengikuti pendidikan lanjutan dasar kecabangan kesehatan di Skadron Pendidikan 504 Wingdikum. Saya juga berencana untuk melanjutkan pendidikan saya pada spesisalis ortepedi,” pungkas Avin.

Sementara itu pada waktu yang sama pasangan suami-istri, Mardjito dan Wana Riyati juga tengah menuai rasa bahagia.

Pasalnya, putri semata wayangnya dr. Kiky Martha juga baru saja diambil sumpahnya. Kiky yang merupakan mahasiswa penerima beasiswa program Bidikmisi telah berhasil mewujudkan mimpinya sejak kecil untuk menjadi seorang dokter.

“Sejak kecil saya bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Namun kondisi ekonomi sepertinya jauh dari kata layak untuk bisa kuliah di Kedokteran mengingat biayanya sangat mahal. Alhamdulillah saya mendapatkan Beasiswa Bidikmisi sehingga saya bisa menjadi dokter seperti saat ini,” ujar Kiky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com