Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melahirkan Generasi "Urus Izin Sendiri Mudah" lewat Dongeng

Kompas.com - 25/04/2019, 17:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya mengurus sendiri perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta melakukan sosialisasi dengan menyasar kelompok anak- anak melalui kegiatan Mal Pelayanan Publik Mendongeng “Sebuah Pesan Cerita, Urus Izin Sendiri Itu Mudah.”

Dalam kegiatan ini, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta mengajak peserta didik Taman Kanak-kanak di sekitar Mal Pelayanan Publik mendengarkan dongeng menarik dari salah satu maestro dongeng Indonesia sekaligus Tokoh Perlindungan Anak Inovatif Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Mochammad Awam Prakoso (23/4/2019).

Acara di Taman Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta ini tampak meriah dan menyenangkan bagi anak- anak karena selain mendengarkan dongeng mereka juga diajak berkeliling serta bermain di Playground yang terletak di lantai 2, Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta.

"Generasi Urus Izin Sendiri"

“Melalui pesan dongeng yang disampaikan Kak Awam, kami berharap anak- anak dapat memahami kata “izin” dengan benar, sehingga dapat memaknai kata “izin” menjadi hal yang mudah dan membahagiakan” ujar Benni Aguscandra, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.  

Baca juga: Pendidikan Karakter Sekolah Menentukan Nasib Bangsa

Benni menambahkan, penanaman nilai budi pekerti pada anak mengenai pentingnya perizinan serta dampak positif yang didapatkan jika sudah memiliki izin, menjadi tujuan utama diselenggarakannya kegiatan ini.

“Penanaman nilai tersebut dilakukan guna menumbuhkembangkan moral dan pembentukan karakter positif yang nantinya akan menciptakan Generasi Urus Izin Sendiri itu Mudah” pungkas Benni.

Pendidikan karakter lewat dongeng

Dalam kesempatan sama, Awam menjelaskan mendongeng dapat menjadi salah satu cara efektif dalam menanamkan nilai budi pekerti dan membentuk karakter positif pada diri anak.

"Karena dalam dongeng tersirat berbagai nasehat yang dibalut dengan penokohan karakter yang disukai anak. Sampai sekarang dongeng masih menjadi metode paling ampuh untuk mendekati anak dalam membangun karakter mereka,” jelas Awam.

Dongeng menurutnya merupakan dunia anak yang menakjubkan karena terdapat tokoh- tokoh yang disukai dapat memancing rasa ingin tahu lebih dalam. Melalui dongeng, kita dapat menyampaikan sebuah nasehat tanpa menggurui sehingga anak senang menyimak.

Perizinan sangat melekat erat dengan budi pekerti dan nilai-nilai positif bagi anak dan merupakan sebuah kewajiban mutlak setiap warga negara. Untuk itu pengenalan kata izin dan pentingnya kemudahan dalam pengurusan izin harus dibangun sejak usia dini," tutup Awam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com