Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Negara Pasifik Kagumi Mutu Pendidikan Tinggi di Jawa Barat

Kompas.com - 27/04/2019, 14:37 WIB
Mico Desrianto,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa negara bagian Pasifik mengapresiasi dunia pendidikan tinggi yang ada di Jawa Barat (Jabar). Hal tersebut terungkap saat Peringatan Delapan Tahun Pasific Alliance di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jumat (26/4/2019).

Negara-negara seperti Chile, Peru dan Kolombia kompak menyebut jika dunia pendidikan tinggi di Jabar memiliki kualitas serta kelengkapan pilihan studi.

"Walaupun sebuah negara tidak memiliki sumber daya alam, negara yang kuat selalu membutuhkan sumber daya manusia yang andal, dan itu hanya bisa dicapai melalui pendidikan tinggi. Seperti di Jawa Barat, pilihannya sangat lengkap," tutur Duta Besar Chile Gustavo Ayares sesuai dengan rilis yang Kompas.com terima, Sabtu (27/4/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, Karniwa, mengatakan jika kegiatan ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi yang ada di Jabar kepada duta besar negara-negara Pasifik.

Meski komunikasi masih tergolong minim, Karniwa optimis hubungan antar negara pasifik dengan Pemprov Jabar akan terjalin kuat kedepannya.

Seperti menjalin kerjasama baru di bidang ekonomi, pendidikan ataupun kebudayaan untuk kemajuan masing-masing.

"Alhamdulillah hubungan ini cukup baik, hanya memang karena faktor jarak, sehingga belum memungkinkan untuk kerja sama secara langsung. Tetapi kedepan ini bisa dimungkinkan untuk kerjasama yang lebih baik dengan skala yang lebih besar," ucap Iwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com