Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Komunitas LPDP Dipamartani Beri Dampak Muara Gembong Bekasi

Kompas.com - 07/05/2019, 20:30 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Komunitas Persiapan Keberangkatan (PK) ke-139 Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) berupaya memberikan kontribusi terhadap berbagai isu yang ada di tengah masyarakat.

Melihat hal itu, Komunitas PK-139 LPDP Dipamartani berupaya memberikan kontribusi dalam bentuk pembangunan MCK, pelayanan kesehatan masyarakat serta penanaman mangrove di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi.

Kampung Beting dan Kampung Solokan Kendal, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi menjadi lokasi kegiatan sosial dan pembangunan infrastruktur tersebut .

Dikarenakan minimnya fasilitas MCK, saat ini masih terdapat 15 kepala keluarga atau kurang lebih 50 warga melakukan kegitan MCK di sepanjang sungai Citarum yang mengalir di kedua desa tersebut.

MCK layak dan sehat

Hal ini tentunya berdampak buruk terhadap lingkungan, air sungai menjadi tercemar dan memengaruhi penurunan kualitas kesehatan warga.

Baca juga: Alumni LPDP Ajak Siswa Berani Bermimpi Besar dan Menjaga Lingkungan

Ditambah kondisi ekonomi warga Kampung Solokan Kendal dan Beting yang lemah membuat MCK belum menjadi prioritas penting anggota keluarga.

“Dengan pembangunan fasilitas MCK ini, diharapkan agar warga kampung Beting dan Solokan Kendal terbiasa untuk menjaga lingkungan dan kualitas air sungai dengan melakukan kegiatan MCK di tempat yang layak," ujar Achmad Masyhadul Amin Ketua Kegiatan Sosial Komunitas Dipamartani PK-139 LPDP.

Upaya pembangunan fasilitas MCK ini mendapat sambutan baik warga di kedua kampung tersebut. Warga terlihat antusiasme membantu pembangunan MCK yang diresmikan pada Sabtu, 27 April 2019 lalu.

Layanan kesehatan

Selain peresmian fasilitas MCK penerima beasiswa LPDP juga melakukan layanan kesehatan pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan konsultasi kesehatan gratis.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut ditemukan hampir seluruh warga kedua kampung  mengidap penyakit kulit yang disebabkan buruknya kualitas sanitasi dan higienitas.

Seiring kegiatan pemeriksaan kesehatan,  dilaksanakan juga edukasi tata cara sikat gigi yang baik untuk anak-anak.

Edukasi ini dikemas lewat pembacaan dongeng tentang Dipa dan Marta, 2 orang sahabat yang harus bersedih karena gigi Marta yang sakit akibat tidak pernah sikat gigi sebelum tidur. Setelah pembacaan dongeng interaktif, anak-anak diajak mempraktek cara menggosok gigi yang benar disertai pemberian bingkisan.

Penanaman manrove

Komunitas PK-139 LPDP Dipamartani berupaya memberikan kontribusi dalam bentuk pembangunan MCK, pelayanan kesehatan masyarat serta penanaman mangrove di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi (27/4/2019).Dok. PK-139 LPDP Komunitas PK-139 LPDP Dipamartani berupaya memberikan kontribusi dalam bentuk pembangunan MCK, pelayanan kesehatan masyarat serta penanaman mangrove di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi (27/4/2019).

Komunitas PK-139 LPDP Dipamartani juga melakukan penanaman 1000 mangrove guna mencegah abrasi berkelanjutan akibat kenaikan air laut yang menyebabkan banjir di area kampung setempat.

Melalui kegiatan ini diharapkan timbul inisiatif warga setempat untuk ikut turut menjaga dan melestarikan lingkungan serta menciptakan lingkungan lebih layak untuk ditinggali.

Acara di Kampung Solokan Kendal dan Kampung Beting ini mendapat dukungan Wings Group dan CT Arsa Foundation mulai dari proses pembangunan fasilitas MCK, kegiatan sosial hingga penanaman mangrove. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com