Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Siswa Peraih Nilai TOEIC Tertinggi "SMK English Challenge"

Kompas.com - 22/05/2019, 17:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - International Test Center dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (DPSMK) bekerja sama melaksanakan program "SMK English Challenge 2018" (SEC).

Program ini telah dilakukan di 32 Provinsi di Indonesia dan diikuti 1.400 SMK. Walaupun jumlah SMK berpartisipasi cukup banyak, namun di bandingkan dengan jumlah SMK se Indonesia, jumlah ini baru mencapai 10 persen dari jumlah total SMK Indonesia sebanyak 14.000 SMK.

"Program SEC diadakan untuk mendukung Revitalisasi SMK untuk mempersiapkan lulusan SMK memiliki daya saing tinggi era globalisasi, salah satunya mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris," ujar Rullyana, Business Communication ITC

Pada akhir rangkaian SEC, siswa diberikan bantuan program sertifikasi internasional kemampuan bahasa Inggris dengan TOEIC (Test Of English for International Communication).

11 siswa peraih TOEIC nasional

Dari siswa terpilih mendapat bantuan sertifikasi sebanyak 21.850 Siswa SMK se Indonesia, berikut 11 siswa terbaik dengan nilai TOEIC tertinggi:

1. Vincent (SMKN 1 Tanjung Pinang): skor 990

2. Muhammad Pandu Hidayatullah (SMKN 4 Palembang): skor 985

Baca juga: PPDB 2019: Tidak Semua Bidang SMK Perlu Uji Kompetensi, Apa Saja?

3. Eva HanifatulAdibah (SMKN 57 Jakarta): skor 985

4. AlifNaufal Hakim (SMKS Telkom Sandhy Putra Jakarta): skor 975

5. Adara Zalikha Setiawan (SMKS Musik Perguruan Cikini): skor 970

6. YosiIrawan (SMKN 2 Yogyakarta): skor 965

7. Allycia Susanti (SMKN 42 Jakarta): skor 965

Rentang nilai  ®adalah 10-990, dimana tes ini dapat melihat kemampuan berkomunikasi seseorang menggunakan bahasa Inggris dari level Novice hingga General Professional Proficiency.

SMK English Challenge 2019

Melihat tanggapan dan peningkatan output positif dari program SEC tiap tahunnya, Dewan Pembinaan SMK bersama International Test Center melaksanakan kembali program serupa mulai pada Bulan Maret 2019.

"Harapannya pada tahun ini semakin banyak lagi sekolah dan siswa yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program SEC kali ini akan ada program persiapan TOEIC secara online sebelum ujian," ujar Rully.

Rully menyampaikan tahun ini, sebanyak 22.000 sertifikasi TOEIC akan kembali diberikan kepada siswa terpilih memiliki nilai VIERA (Vocational Institution English Language Readiness Assessment) baik.

Tahapan pertama dilaksanakan adalah Persiapan seleksi VIERA, tahapan ini telah dilakukan pada tanggal 1 April-10 Mei 2019. Saat ini, sedang berlangsung proses seleksi VIERA hingga 21 Juli dan sampai saat ini sebanyak 890 sekolah telah mengikuti seleksi VIERA.

Untuk mengetahui jadwal lengkap dan mendaftar dalam kegiatan SMK English Challenge 2019 dapat diakses melalui; http://www.itc-indonesia.co.id/selection_reg/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com