Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alternatif Hadiah Anak Saat Rayakan Lebaran

Kompas.com - 06/06/2019, 21:20 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi orang yang sudah menikah atau menjdi orangtua memberi sesuatu kepada anak atau keponakan saat momen kumpul bersama keluarga besar di Hari Raya Idul Fitri adalah hal lumrah dilakukan.

Biasanya mereka akan memberikan uang kepada anak-anak yang datang di ajang silaturahim kerabat keluarga.

Namun, sebenarnya ada pemberian lain tidak kalah berharga dan lebih berguna dibandingkan uang. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Pakaian

Sudah menjadi kebiasaan bagi anak-anak memakai baju baru saat Lebaran. Bahkan ada anak bertanya kepada orang tua jika tidak ada tanda-tanda akan dibelikan baju baru menjelang Hari Raya.

Oleh karena itu, memberi baju baru bisa menjadi alternatif hadiah untuk menyenangkan hati anak-anak yang belum sempat memperoleh baju baru dari orang tuanya.

Kita bisa memilih baju dengan ukuran umum sesuai kelompok umur anak-anak. Kualitas dan harga pun bisa disesuiakan dengan kemampuan. Tidak harus mahal, yang penting layak menjadi hadiah berkesan saat Lebaran.

2. Bingkisan makanan

Namanya juga anak kecil, mereka suka sekali mendapat hadiah makanan dan minuman baik berupa biskuit, cokelat, permen, dan minuman dalam kemasan.

Baca juga: Hadiah Lebaran, Tim Olimpiade Fisika Raih 5 Medali Internasional

Cobalah untuk mengemas beragam makanan kecil itu dalam tas kecil. Sekarang ini kita dapat memesan tas kecil itu di internet dan dapat selesai hanya dalam beberapa hari dengan desain menarik.

Isinya bisa terdiri dari 5 atau 6 macam saja tetapi yakinlah anak-anak akan sangat senang menerimanya.

3. Peralatan sekolah

Tidak ada salahnya memberikan hadiah Lebaran kepada anak-anak berupa pensil, buku tulis, buku gambar, kotak pensil, pensil warna atau krayon, dan lain-lain. Terlebih karena Lebaran tahun ini bersamaan dengan liburan kenaikan kelas.

Anak-anak akan merasa senang karena mendapat hadiah berguna dan cocok menjelang masuk kembali ke sekolah nanti.

4. Peci dan mukena

Memberi hadiah berbentuk peci dan mukena kepada anak-anakbisa menjadi salah satu motivasi bagi mereka agar lebih semangat beribadah.

Saat ini banyak sekali pilihan desain menarik dan disesuaikan untuk anak-anak sehingga mereka pasti akan menyukai dan lebih berguna.

5. Buku bacaan

Buku bacaan juga pantas diberikan sebagai hadiah Lebaran. Jenisnya pun bermacam-macam, misal buku cerita religi, ensiklopedi, dan komik atau buku cerita bergambar.

Selain menyenangkan, hadiah buku akan membangkitkan semangat mereka untuk lebih rajin membaca buku-buku dengan isi positif dan menghibur. 

6. Mainan

Hampir bisa dikatakan semua anak kecil pasti suka mainan. Saat ini begitu banyak jenis mainan tersedia, baik pembelian secara online maupun langsung ke toko.

Tidak semua mainan hanya membuat anak-anak malas belajar sampai lupa waktu. Ada pula mainan bersifat mendidik sehingga bisa dapat menjadi media menambah ilmu pengetahuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com