Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan LKS SMK 2019: Tantangan SMK Bidang Komputasi dan Otomasi

Kompas.com - 17/07/2019, 17:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 yang telah digelar sejak 7 Juli 2019 telah berakhir pada 13 Juli 2019 lalu. Tahun ini LKS melombakan total 32 bidang dan diikuti 759 siswa SMK dari 34 provinsi.

Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih gelar juara umum LKS SMK 2019 dengan membawa pulang piala dari 22 bidang keahlian yang dilombakan dan merebut 11 dari 32 emas yang diperebutkan.

“Alhamdulillah, ini merupakan kerja keras dari pembimbing dan anak anak serta para kepala sekolah. Hasil ini adalah untuk mereka sendiri dan sebagai pemicu lebih baik lagi di masa depan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

 

 

Kompetensi SMK berbagai lini

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kemendikbud, M Bakrun berpesan agar peserta terus semangat dalam mengembangkan potensi mereka.

“Kalian semua telah mempersembahkan potensi terbaik kalian, kalian semua adalah juara, karena tidak mudah untuk sampai pada tingkat nasional ini. Teruslah berprestasi dan menjadi kebanggan orang tua, nusa dan bangsa,’’ ujarnya.

Baca juga: Ini Upaya Pemerintah untuk Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Sejalan dengan komitmen tersebut, PT Kawan Lama Sejahtera (Kawan Lama), distributor penyedia peralatan industri teknik dan komersial, terus berupaya mengembangkan kompetensi siswa SMK lewat berbagai lini.

Dari 32 bidang lomba, Kawan Lama ikut serta menguji kompetensi siswa SMK untuk 5 bidang lomba teknik; Automobile Technology, Metrology, Welding, CNC Milling, dan CNC Turning.

"Tantangan bagi lulusan SMK semakin berat. Ke depan, siswa diharapkan semakin mahir mengoperasikan mesin bersistem komputerisasi karena nantinya akan banyak ditemui di dunia kerja," jelas Tony Sartono, Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera.

Tantangan otomatisasi dan komputasi

Tony memaparkan memasuki Revolusi Industri 4.0 tantangan lulusan SMK semakin berat. "Siswa tidak hanya dituntut menguasai penggunaan mesin saja. Saat ini hampir semua mesin di industri telah menggunakan sistem otomatisasi dan juga komputasi. Siswa SMK harus menguasai kompetensi baru ini," ujarnya.

Sayangnya, tambah Tony, SMK kita masih belum seluruhnya menguasai kompetensi baru ini. "Untuk SMK di Pulau Jawa mungkin sudah, namun kalau kita melihat di luar Pulau Jawa kita masih harus kerja keras untuk memeratakan kualitas pendidikan SMK di sana," ujar Tony memberikan catatan khusus.

“Melalui gelaran LKS SMK ini, Kawan Lama ikut berpartisipasi mendidik bangsa khususnya pendidikan vokasi, karena bangsa Indonesia membutuhkan tenaga kejuruan yang mampu mengoperasikan alat-alat dengan sistem komputerisasi," ujar Tony Sartono.

Pemenang lomba metrologi dan CNC

Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 yang telah digelar sejak 7 Juli 2019 telah berakhir pada 13 Juli 2019 lalu. Tahun ini LKS melombakan total 32 bidang dan diikuti 759 siswa SMK dari 34 provinsi.DOK. KAWAN LAMA Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019 yang telah digelar sejak 7 Juli 2019 telah berakhir pada 13 Juli 2019 lalu. Tahun ini LKS melombakan total 32 bidang dan diikuti 759 siswa SMK dari 34 provinsi.

Sejalan hal itu, Kawan Lama menggelar lomba (Computer Numerical Control) dalam LKS 2019 yang bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam pencapaian kompetensi bidang pemrograman dan pengoperasian CNC.

Ke depan, siswa diharapkan semakin mahir mengoperasikan mesin bersistem komputerisasi karena nantinya akan banyak ditemui di dunia kerja.

Berikut daftar juara lomba metrologi dan CNC yang digelar Kawan Lama dalam LKS SMK 2019 di Yogyakarta:

1. Metrologi

  • Juara 1: Rizal Ramadhan (SMKN 6 Bandung, Jawa Barat)
  • Juara 2: Hidayatul Faizin (SMKN 1 Magelang, Jawa Tengah)
  • Juara 3: Fajar Ramadhani (SMKN 3 Mandau, Riau)

2. CNC Miling

  • Juara 1: Ryan Singgih Nugroho (SMKS Warga Surakarta, Jawa Tengah)
  • Juara 2: Yanuar Yovan Timothy (SMKN 1 Madiun, Jawa Timur)
  • Juara 3: Syaiful Mahdi Hasibuan (SMKN 2 Banda Aceh, Aceh)

3. CNC Tuning

  • Juara 1: Rizqi Budi Wicaksono (SMKN 2 Wonosari, DI Yogyakarta)
  • Juara 2: Ubay Dillah Kamal (SMKN 5 Jakarta, DKI Jakarta)
  • Juara 3: Joko Hadi Saputra (SMKN 1 Purwosari, Jawa Timur)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com