Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Belajar Belum Menyenangkan, Zenius Rilis Aplikasi "Mobile"

Kompas.com - 17/07/2019, 21:05 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyedia layanan pendidikan Zenius Education meluncurkan Zenius App sebagai aplikasi mobile untuk belajar bagi siswa secara daring (online).

Peluncuran aplikasi ini sebagai tindak lanjut keseriusan Zenius menghadirkan materi belajar berkualitas yang selama ini diberikan melalui situs web zenius.net. Tujuannya, membuat materi belajar dan pengajaran menjadi lebih dekat dan mudah diakses pelajar.

Co-Founder dan Chief Executive Officer Zenius Education Sabda Putra Subekti mengatakan Pemerintah Indonesia telah mencanangkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam lima tahun ke depan. 

Padahal, sistem pendidikan di Indonesia belum menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan.

Maka dari itu, diperlukan terobosan teknologi untuk membantu dunia pendidikan yang membuat akses belajar lebih merata dan mengurangi kesenjangan.

Menumbuhkan motivasi

"Teknologi ini menjadi salah satu cara menyebarluaskan materi belajar yang berkualitas. Pengembangan SDM di Indonesia tidak hanya soal cara mengaksesnya, tapi juga kualitas materi dan pengalaman belajar," ujar Sabda dalam peluncuran Zenius App di Jakarta, Rabu (17/7/2019).

Baca juga: Kemudahan Pelayanan Transportasi dalam Satu Aplikasi

Ia pun menuturkan, selama ini anak-anak bersekolah dari pagi ke siang, ditambah bimbingan belajar sore hari, dan harus mengerjakan pekerjaan rumah pada malam hari.

Hal itu dilakukan selama mereka bersekolah dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Itulah yang membuat kurangnya semangat belajar karena dianggap sebagai tuntutan eksternal, bukan motivasi internal.

Dengan begitu, tidak tercipta pengalaman belajar yang berasal dari keingintahuan diri sendiri sehingga pelajar jadi kurang paham dengan materi yang dipelajari.

Melalui Zenius App dan zenius.net, diharapkan siswa menjadi pelajar yang mempunyai semangat belajar dan berpikiran rasional sehingga kualitasnya lebih unggul.

Ribuan soal dan video

Sependapat dengan Sabda, Chief Technology Officer Zenius Education Rizky Andriawan mengatakan apa pun caranya, media pembelajaran harus menjadi hal menyenangkan, dan Zenius memanfaatkan aplikasi mobile untuk menunjang kesuksesan belajar.

Ia menambahkan, ada tiga keunggulan Zenius App, yaitu lengkap, praktis, dan terjangkau. Lengkap maksudnya tersedia materi pelajaran dari kelas 1 SD sampai 12 SMA sesuai kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Revisi. Selain itu, ada materi dan soal ujian sekolah, ujian nasional, dan seleksi masuk perguruan tinggi.

"Kami cover semuanya. Itu semua terbuka, tinggal subscribe, bisa diakses, jadi enggak terbatas. Ada 80.000 video dan ratusan ribu soal dari semua kelas dan pelajaran," ucap Rizky.

Membantu keterbatasan akses

Kemudian, aplikasi itu juga praktis karena bisa diperoleh hanya dengan mengunduh secara gratis melalui Google Play Store. Setelah itu, materi belajar yang ada bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Terakhir, Zenius App pun terjangkau. Dari segi biaya untuk berlangganan hanya Rp 1.100 per hari. Video dan materi yang diunduh pun kurang dari 20 MB.

Zenius App juga bisa dijangkau melalui jaringan internet 3G, 4G, dan EDGE sehingga proses belajar lebih nyaman.

"Penting banget aplikasi ini bisa diakses banyak orang. Makanya ukuran aplikasinya kecil supaya semua bisa belajar, termasuk di daerah terpencil. Itu membantu untuk anak-anak dengan akses, kuota, dan biaya yang terbatas," ungkap Rizky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com