Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Potensi Kepala Sekolah, “Inspirasi” Lakukan Apa?

Kompas.com - 19/07/2019, 16:39 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tanoto Foundation bersama Yayasan Inspirasi menyelenggarakan program "Inisiatif Kepemimpinan Pendidikan untuk Raih Prestasi (Inspirasi)" untuk sejumlah kepala sekolah dan madrasah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Peluncurannya dilakukan pada Kamis (18/7/2019) di Resinda Hotel Karawang.
Program ini juga terlaksana atas kerja sama dengan lembaga donor lain, yaitu Global School Leaders, Resinda Hotel Karawang, PT Bukit Muria Jaya, Triputra Agro Persada, dan Asia Philanthropy Circle.

Global CEO Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo mengatakan, program ini sebagai tempat untuk para kepala sekolah dan guru bisa saling belajar mengenai permasalahan yang dihadapi di sekolah masing-masing dan mengetahui cara mengatasinya.

Wadah saling belajar

"Kami ingin menggalakkan program ini menjadi wadah yang dipakai para guru dan kepala sekolah untuk crosslearning karena yang paling tahu ya mereka sendiri, apa problem yang mereka hadapi. Jadi kami lebih memfasilitasi, ditambah dengan metode-metode dari Global School Leaders," ujar Satrijo dalam peluncuran program Inspirasi.

Baca juga: Program “Inspirasi”: Mengembangkan Kualitas Kepala Sekolah

Sebelumnya, jejaring Global School Leaders sudah melaksanakan program serupa di beberapa negara, yaitu India, Malaysia, dan Kenya. Kemudian program itu diadaptasi dan diterapkan dalam Inspirasi.

"Idenya supaya bisa dbagikan dan disebarluaskan. Sebab, sangat unik, tidak hanya classroom dan workshop, tapi juga pendampingan dan memberikan feedback," imbuhnya.

Satrijo mengungkapkan, alasan dipilihnya Karawang sebagai lokasi program rintisan ini karena memang pihaknya berkeinginan melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah.

Kualitas kepemimpinan

Gayung bersambut, ternyata Pemerintah Kabupaten Karawang menyambut baik rencana program tersebut dan sesuai dengan tujuan pembangunan sumber daya manusia yang sedang digalakkan.

"Kami punya kriteria untuk kerja sama dengan pemerintah. Kebetulan Bupati Karawang sangat welcome. Dia memaparkan latar belakang dan tujuan beliau untuk mempercepat perkembangan SDM di sini," ucap Satrijo.

Ia menuturkan program Inspirasi ini merupakan program pertama dan akan berlanjut ke program berikutnya. Program rintisan ini bertujuan untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang nantinya berpengaruh pada peningkatan mutu hasil pembelajaran siswa.

Pelaksanaannya dimulai pada tahun ajaran 2019/2020 yang akan dilakukan selama 1,5 tahun dan diikuti 20 kepala sekolah dasar negeri dan 5 madrasah ibtidaiyah di Karawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com