Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Universitas Negeri Padang Berencana Buka Prodi Kedokteran

Kompas.com - 05/08/2019, 22:33 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Padang (UNP) memiliki rencana membuka Program Studi Ilmu Kedokteran dan saat ini sedang melakukan persiapan pembukaan agar bisa berjalan sesuai target pada tahun ini.

Wakil Rektor UNP Yunia Wardi mengungkapkan hal itu pada pembukaan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi di Auditorium UNP, Padang.

“Sekarang kami sedang mengurus semua persyaratannya dan ditargetkan dapat berjalan tahun ini atau tahun depan,” ujar Yunia Wardi, seperti dilansir Antara, Senin (5/8/2019).

Dia menuturkan, Prodi Ilmu Kedokteran yang akan dibuka itu merupakan kedokteran umum dengan spesifikasi olahraga. Meski demikian, fakultas yang akan menaungi prodi tersebut belum bisa dipastikan sampai saat ini.

Menurut Yunia, pihaknya masih menjalani proses perizinan dan menunggu hasilnya dari menteri. Kemudian, baru bisa ditentukan fakultas yang sesuai untuk menaungi Prodi Ilmu Kedokteran.

Baca juga: Jawab Kebutuhan Millenial, Universitas Budi Luhur Terapkan Metode Belajar “Blended Learning”

Dia mengungkapkan, persiapan dibukanya Prodi Ilmu Kedokteran itu termasuk mengenai lokasi kuliahnya. Direncanakan kegiatan perkuliahan akan dilakukan di Kota Bukittinggi.

“Rumah sakit pendidikan kedokteran UNP nantinya adalah RS Achmad Mochtar di bawah pembinaan akademik Universitas Indonesia dan Universitas Andalas,” ucap Yunia.

Dia berpendapat, dibukanya prodi baru di suatu universitas seharusnya karena mempunyai prospek yang bagus. Hal itu tergantung dari jumlah peminat prodi tesebut. Akan sia-sia jika suatu prodi baru dibuka, tetapi tidak ada peminatnya.

Untuk diketahui, PKKMB 2019 jalur masuk mandiri dan prestasi diikuti oleh 3.115 mahasiswa baru program S1 dan D4. Jumlah total itu terdiri dari mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan 575 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 435 orang, serta Fakultas Bahasa dan Seni 417 orang.

Kemudian, mahasiswa di Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 406 orang, Fakultas Ilmu Sosial 398 orang, Fakultas Teknik 326 orang, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan 291 orang, serta Fakultas Ekonomi 267 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com