Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Diresmikan April 2019, UNPERBA Awali Perkuliahan Pekan Depan

Kompas.com - 03/09/2019, 13:43 WIB
Alek Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersiap menyambut kedatangan ratusan mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA).

Adapun sebelum masa perkuliahan dimulai, UNPERBA telah menyelenggarakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBM) pada 9-12 September 2019 dan dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Bambang Soesatyo pada 13 September 2019 yang menandai awalnya masa perkuliahan.

Baca juga: Bamsoet Sarankan Kementerian ESDM Dukung Pengusaha Tambang Nasional

Sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga yang menaungi UNPERBA, dirinya mengatakan bahwa setelah proses panjang selama lebih kurang empat tahun, UNPERBA bisa memulai kegiatan belajar mengajar.

"Ditunjang berbagai fasilitas seperti gedung empat lantai, perpustakaan, laboratorium, serta berbagai sarana dan prasarana lainnya, UNPERBA akan hadir menjadi salah satu lokomotif memajukan bangsa dan negara melalui jalur pendidikan tinggi," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet melalui keterangan tertulis, Selasa (3/9/19).

UNPERBA diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada 11 April 2019. UNPERBA sendiri memiliki 2 fakultas dan 5 program studi (prodi).Dok. Humas DPR RI UNPERBA diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada 11 April 2019. UNPERBA sendiri memiliki 2 fakultas dan 5 program studi (prodi).

2 fakultas, 5 prodi

Untuk diketahui, lanjutnya, UNPERBA diresmikan langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada 11 April 2019. UNPERBA sendiri memiliki 2 fakultas dan 5 program studi (prodi).

Beberapa di antaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, serta Fakultas Sains dan Teknik dengan Prodi S1 Teknik Mesin, Prodi S1 Informatika dan Prodi S1 Agribisnis.

Baca juga: Bamsoet: Banyak Manfaat dari Pengobatan Tradisional China...

"UNPERBA tak hanya akan menjadi kampus yang kuat secara keilmuan saja, melainkan juga menjadi kampus yang kuat dalam pengabdian masyarakat. Mengingat tantangan globalisasi menuntut sumber daya manusia yang mampu berkolaborasi, bukan membutuhkan manusia yang apatis terhadap lingkungan sekitar," kata Bamsoet.

Selain itu, tambahnya, UNPERBA juga akan ikut andil dalam menyukseskan agenda ke-4 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030, yakni mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

"Tak menutup kemungkinan UNPERBA akan buka fakultas dan program studi kedokteran, artificial intelligence, ekonomi digital, maupun berbagai disiplin ilmu kekinian lainnya yang punya pengaruh besar di kehidupan masyarakat," pungkas Bamsoet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com