Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda STAN 2019, Sri Mulyani: Lulusan Harus Terus Belajar dan Belajar

Kompas.com - 20/09/2019, 17:23 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN mengadakan Wisuda Akbar 2019 bagi 4.436 mahasiswa lulusannya pada Kamis (19/9/2019) di Gedung Auditorium Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Dalam acara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan para wisudawan PKN STAN merupakan sumber daya manusia (SDM) terpilih demi kemajuan Indonesia.

Mereka berasal dari 12 program studi sebagai anak didik yang diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi melalui uang negara. Maka dari itu, para wisudawan tersebut akan menjadi tonggak penting penjaga Republik Indonesia.

“Dengan ilmu, moralitas, dan karakter Anda, itu yang akan membuat Indonesia menjadi negara maju,” ujar Sri Mulyani dalam keterangan tertulis, Kamis (19/9/2019).

Dia mengharapkan para wisudawan itu akan terus belajar untuk meningkatkan ilmu dan keahliannya, walaupun telah lulus dari PKN STAN.

Baca juga: Wisuda UI: Lulusan S1 Termuda 19 Tahun dan Doktor 25 Tahun

“Kesuksesan seseorang bukan semata-mata ditentukan oleh ilmunya dan keahliannya. Presiden Soekarno pernah berkata bahwa barang siapa yang ingin mutiara, dia harus berani terjun ke dalam lautan yang dalam. Jadi Anda kalau mau sukses, tidak hanya diam membaca buku, Anda harus menyiapkan diri untuk terjun. Anda harus belajar dan belajar. Itu adalah cara mental kita untuk memperbaiki republik ini,” tegas Menkeu.

Dia pun mengingatkan Indonesia akan memperingati 100 tahun kemerdekaannya pada tahun 2045. Untuk itu, diharapkan Indonesia mampu mencapai tingkat ekonomi yang lebih tinggi.

“Indonesia akan meraih perbaikan dan mengukir prestasi melalui tangan-tangan kalian, sikap kalian, dan karakter kalian. Jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Jadilah orang yang berkarakter, tidak hanya pintar di kepala, namun bersih di hati dan jaga sikap kalian,” imbuhnya.

PKN STAN memiliki komitmen menghasilkan lulusan terampil dan berdaya saing dalam bidang keuangan negara. Distribusi lulusannya ke berbagai instansi pemerintahan, seperti di Kementerian Keuangan dan lembaga lain di pemerintahan.

Pada Wisuda Akbar tahun ini, PKN STAN mengambil tema “Arkadhyana”. Dengan tema itu, para wisudawan PKN STAN diharapkan bisa menjadi punggawa keuangan negara yang berketerampilan khusus dalam mengabdikan dirinya ke seluruh wilayah Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com